Jambura Economic Education Journal
Vol 2, No 2 (2020): JULY 2020

PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE

hardiyanti ridwan (STIP Muhammadiyah sinjai)
ardiansyah ardiansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserat didik pada mata pelajaran ekonomi melalui pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Sinjai yang berjumlah 34 orang peserta didik dari 12 laki-laki dan 22 perempuan. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi atau arsip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan dan hasil belajar peserta didik dapat meningkat melalui pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share bagi peserta didik kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Sinjai. Hal ini dapat dinyatakan berdasarkan peroleh nilai hasil belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II melalui pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jej

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The Jambura Economic Education Journal (JEEJ) aims to help researchers, students and lecturers publish their works for public audiences and find new connections. The Jambura Economic Education Journal (JEEJ) considers original research articles and reviews articles in the field of research on ...