Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan dan mendeskripsikan penyebab kesalahan berbahasa yang terdapat dalam karangan eksposisi siswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kesalahan berbahasa, yaitu kesalahan yang dideskripsikan berdasarkan faktor penyebab yang ditemukan dari kesalahan tersebut. Selain itu, beberapa konsep mengenai wacana juga digunakan sebagai landasan teori dalam penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Data penelitian berupa karangan eksposisi siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa terjadi karena adanya faktor penyebab. Faktor penyebab tersebut meliputi faktor kompetensi dan performansi. Adapun dari segi performansi, faktor yang paling banyak ditemukan yaitu karena kurangnya konsentrasi siswa. Banyak siswa yang merasa sulit berkonsentrasi saat pembelajaran menulis karangan eksposisi dan sulit konsentrasi tersebut sebenarnya juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya. Adapun dari segi faktor kompetensi yaitu kurangnya pengetahuan siswa terhadap kaidah-kaidah di dalam bahasa sehingga siswa menjadi bingung dalam menerapkan kaidah yang benar di dalam karangan eksposisi. Kata Kunci: kesalahan berbahasa, faktor kompetensi, faktor performansi
Copyrights © 2020