Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 9 No 1: Mei 2020

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM ANIMASI BERMUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA SISWA VII A SMP NEGERI 3 MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Melasarianti, Lalita (Unknown)
Andini, Novita Pri (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2020

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan bercerita dengan menggunakan media film animasi bermuatan nilai-nilai karakter dan mengubah perilaku dalam mengikuti pembelajaran keterampilan bercerita dengan menggunakan media film animasi bermuatan nilai-nilai karakter pada siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Mandiraja. Subjek penelitian adalah guru kelas dan siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Mandiraja. Data berupa RPP, foto, hasil tes, daftar nilai, catatan lapangan, dan catatan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan/observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Indikator ketercapaian 75%. Prosedur penelitian meliputi persiapan, survei awal, pelaksanaan siklus, pengamatan, dan pelaporan. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil nilai rata-rata kelas pada siklus 1 sebesar 61% dan siklus 2 sebesar 75,23% sehingga siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 14.23% dari siklus 1, dan (2) terjadi perubahan positif perilaku siswa terhadap pembelajaran bercerita dengan menggunakan media film animasi bermuatan nilai-nilai karakter.   Kata kunci: keterampilan bercerita, media film animasi, dan nilai-nilai karakter

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpbsi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (P-ISSN 2252-6722, E-ISSN 2503-3476) is published by the Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Semarang. It publishes research-based articles in the field of language, literature, and ...