EDU RILIGIA: Journal of Islamic and Religious Education
Vol 2, No 2 (2018): April- Juni

NILAI-NILAI INTEGRASI ILMU PENGETAHUAN DALAM KURIKULUM 13

Zamiat Subari, Wahyudin Nur Nasution, Mardianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2018

Abstract

terbitnya kurikulum 2013.Kedua, mendeskripsikan visi atau nilai-nilai integrasi ilmu pengetahuan yangterkandung dalam kurikulum 2013. Ketiga, mendeskripsikan tujuan visi atau nilai-nilai integrasi ilmupengetahuan yang terkandung dalam kurikulum 2013.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan(library research), dengan pendekataancontent analysis (kajian isi), di mana penelitian ini bersifat pembahasanyang mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak dalam bentuk dokumen kurikulum2013. Berdasarkan temuan penelitian diperoleh informasi bahwa.Pertama, Kurikulum 2013 dikembangkandi atas beberapa latar belakang yang mengandung nilai atau visi yang kuat untuk mewujudkan konseppembelajaran yang bersifat integratif.Kedua, Nilai atau visi integrasi keilmuan dalam kurikulum 2013terdapat pada tiga tempat, yaitu (a) pada rumusan karakteristik kurikulum 2013 tersebut yang menekankanorientasi pengembangan diri siswa secara integratif yaitu integrasi antara aspek spiritual, intelektual, dansosial, (b) pada prinsip-prinsip pembelajaran yang terkandung dalam rumusan kurikulum 2013, sepertiprinsip pembelajaran berbasis integrasi karakter, prinsip pembelajaran integratif-multidisipliner, prinsippembelejaran integratif-berdiferensiasi, dan prinsip pembelajaran terpadu (tematik-integratif), dan (c)pada rumusan penilaian otentik yang diberlakukan dalam kurikulum 2013.Ketiga, Tujuan dari nilai atauvisi integrasi keilmuan dalam kurikulum 2013 berorientasi pada beberapa hal berikut: (a) Terwujudnyapendidikan yang berakar pada budaya bangsa untuk membangun kehidupan bangsa masa kini danmasa mendatang, (b) Terwujudnya peserta didik sebagai pewaris budaya bangsa yang kreatif, (c) Terwujudnyapendidikan yang dapat mengembangkan kecerdasan intelektual dan kecemerlangan akademik melaluipendidikan disiplin ilmu, dan (d) Terwujudnya pendidikan yang mampu membangun kehidupan masakini dan masa depan yang lebih baik dari masa lalu dengan berbagai kemampuan intelektual.Kata Kunci: Nilai, Integrasi dan Kurikulum.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

eduriligia

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

EDU RILIGIA: Journal of Islamic and Religious Education sciences formed in year 2017 with E-ISSN 2581-0251 with DECREE No. 0005.25810251/JI. 3.1/SK. ISSN/2017.07-27 July 2017 and P-ISSN 2597-7377 SK No. 0005.25977377/JI. 3.1/SK. ISSN/2017.09-19 September 2017. The study and judgment done by the ...