Bahasa merupakan salah satu aspek perkembangan yang mutlak dilalui oleh setiap anak. Kemampuan berbahasa memiliki pengaruh yang signifikan dalam pembentukan karakter. Di Indonesia, upaya untuk mensukseskan pendidikan karakter terus digalakkan. Salah satunya adalah program PPK (Peningkatan Pembentukan Karakter) yang dicanangkan oleh Kemendikbud di tahun ini. Kecerdasan berbahasa berhubungan dengan kemampuan merespon (innate). Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui karakter berbahasa di SDIT. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, karakter positif yang dibentuk di SDIT Nurul Fikri Lombok Timur dapat dijumpai dalam berbagai aktivitas, seperti: (1) jadwal daily activity siswa dari kedatangan sampai kepulangan yang secara keseluruhan bernilai pengembangan karakter yang positif, (2) budaya untuk tidak memanggil dengan kata sapa ?kamu?, (3) 3) budaya makan dan minum sambil duduk, (4) budaya sholat berjamaah, (5) budaya memberikan punishment terhadap siswa yang melanggar dengan pembangunan karakter yaitu membaca istigfar 33x.
Copyrights © 2018