Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika
Vol 9, No 1 (2020): KOMUNIKA

Sistem Informasi Layanan Darah Berbasis Model Inkremental/Iteratif sebagai Upaya Meningkatkan Layanan Konsumen di Palang Merah Indonesia (PMI)

Siti Mutrofin (Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum, Jombang)
Heru Eko Prayogo (Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum, Jombang)
Mohamad Ali Murtadho (Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum, Jombang)
Ahmad Farhan (Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum, Jombang)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2020

Abstract

Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Mojokerto memiliki beberapa permasalahan dalam pelayanan darah ke konsumen (rumah sakit mitra). Adapun permasalahannya meliputi: 1) Kurang efektifnya penghitungan usia darah karena dilakukan secara manual. Karena keterbatasan jumlah staf, prosedur ini menghabiskan banyak waktu terlebih jika ada banyak transaksi pada waktu yang sama; 2) Untuk mendapatkan informasi tentang ketersediaan stok darah yang dibutuhkan, konsumen harus menghubungi pihak PMI terlebih dulu; 3) Prosedur pemesanan darah mengharuskan konsumen, dalam hal ini petugas rumah sakit, untuk datang ke kantor PMI secara langsung guna mengisi formulir pemesanan dan pengambilan darah. Berdasarkan identifikasi ketiga permasalahan tersebut, maka pada penelitian ini diusulkan sebuah sistem informasi layanan darah berbasis website yang dapat mengakomodasi sejumlah problem tersebut. Sistem informasi ini terdiri dari beberapa fitur, antara lain adalah: 1) Fitur cek usia darah; 2) Informasi stok darah; dan 3) Pemesanan darah. Tujuan pengembangan sistem informasi ini adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen. Agar tujuan tersebut tercapai, maka diusulkan model rekayasa perangkat lunak menggunakan prototype model CodeIgniter untuk pembuatan sistem, MySQL sebagai database, dan Balsamiq Mockups untuk desain user interface, serta pendekatan Black-Box Testing untuk pengujian validasi. Hasil pengujian validasi menunjukkan bahwa sistem yang diusulkan dapat mengatasi permasalahan yang dialami oleh UDD PMI Kota Mojokerto karena memiliki fitur cek usia darah secara valid, menampilkan informasi stok darah secara realtime, dan memungkinkan konsumen melakukan pemesanan darah secara online.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

komunika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Komunika is a scientific communication media publishing research finding/critical analysis focused on communication, media, and information technology. It is published twice in a year, in June and ...