Jurnal Ternak
Vol 11, No 1 (2020): Jurnal Ternak

Peningkatan Produksi Telur Ayam Kampung (Gallus gallus domesticus) setelah Diberikan Serbuk Kunyit (Curcuma longa L.) sebelum Masa Pubertas

Sukarman Hadi Jaya Putra (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Nipa.)
Sri Sulystyaningsih Natalia Daeng Tiring (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Nipa.)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dampak suplemen serbuk kunyit (Curcuma longa L.) yang diberikan sebelum masuk masa pebertas atau masak kelamin terhadap produksi telur ayam kampung (Gallus gallus domesticus). Bentuk rancangan penelitian adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan jumlah perlakuan sebanyak 3 perlakuan. Perlakuan yang pertama adalah ayam kampung yang tidak diberikan suplemen serbuk kunyit (P0). Perlakuan kedua adalah ayam kampung yang diberikan suplemen serbuk kunyit dengan dosis 216 mg/ekor/hari (P1). Perlakuan ketiga adalah ayam kampung yang diberikan suplemen serbuk kunyit dengan dosis 324 mg/ekor/hari. Untuk 1 perlakuan dibuat 5 kali ulangan. oleh karena itu didapatkan 15 kandang ulangan perlakuan. Masing-masing kandang ulangan perlakuan dimasukkan 3 ekor ayam kampung betina. Masa pemberian perlakuan serbuk kunyit adalah 60 hari, dan dimulai dari saat ayam kampung berumur 4 bulan. Data telur diperoleh dari hasil pengukuran yang dilakukan setiap hari ketika semua ayam sudah bertelur semua. Data satu bulan pengukuran diambil dari 28 hari pengukuran. Semua data pengukuran dianalisis dengan analysis of variance (ANOVA). Jika ditemukan berpengaruh, selanjutnya diuji dengan uji Duncan dengan kepercayaan 95 % ((α>0.05). Data yang telah dianalisis menjelaskan bahwa ayam kampung yang diberikan suplemen serbuk kunyit memiliki tingkat produksi lebih pada setiap bulan pengamatan dibandingkan dengan ayam yang tidak diberikan suplemen serbuk kunyit sebelum masa pubertas. Dosis serbuk kunyit yang paling tinggi tingkat produksi telur ayam kampung yang dihasil pada setiap bulan pengamatan adalah dosis 324 mg/ekor/hari. Oleh karena itu, serbuk kunyit memiliki dampak positif pada semakin banyaknya jumlah telur ayam kampung yang dihasilkan setiap bulan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ternak

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Veterinary

Description

Jurnal Ternak bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan ulasan tentang hewan-hewan tropis yang terkait dengan biosains, bioteknologi, sumber daya bio seperti ayam, bebek, puyuh jepang, sapi, kerbau, domba, kambing, babi, kuda, serta hewan endemik Indonesia yang tidak dipatenkan. , ...