Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2020): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

PENGARUH KREATIVITAS DAN GAYA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Mila Padliah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Heni Pujiastuti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan-permasalahan yang terdapat pada proses pembelajaran matematika di sekolah, yaitu di antaranya kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika dengan cara penyelesaian baru, yang mana hal ini membutuhkan adanya kreativitas dan penggunaan gaya belajar dalam menyerap suatu pembelajaran. Adapun penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari kreativitas dan gaya belajar pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian adalah siswa kelas 12 MA Swasta Plus Darul Huda Cikoneng, sementara itu sampel yang digunakan untuk melakukan penelitian adalah siswa kelas 12 IPA 1. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket dan teknik dokumentasi hasil belajar. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji korelasi analisis regresi ganda, untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan gaya belajar pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika. Hasil analisis data dengan menggunakan uji korelasi analisis regresi ganda menunjukan bahwa kreativitas dan gaya belajar pada mata pelajaran matematika memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Delta

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika menyajikan informasi mutakhir hasil kajian dan penelitian bidang matematika dan pendidikan. Lingkup matematika meliputi statistik, aljabar, geometri, analisis, komputer, terapan. Sedangkan lingkup pendidikan meliputi pembelajaran matematika, media ...