Tonika: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Seni
Vol 3 No 1 (2020): Mei 2020

PARADIGMA PENDIDIKAN SENI BERBASIS KARAKTER DALAM MUSIK MA’BADONG

Zefanya Sambira (Universitas Negeri Semarang)
Alfa Kristanto (Sekolah Tinggi Theologia Abdiel Ungaran)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2020

Abstract

Paradigma pendidikan seni berbasis karakter diharapkan mampu menjadi penyeimbang sisi intelektual manusia. Pendidikan seni dapat membentuk apresiasi, kreativitas, dan ekspresi peserta didik. Seni dikenal dan diketahui oleh manusia lewat perwujudan dan kreativitas penciptanya (seniman). Karakter dipahami sebagai kumpulan ciri-ciri tertentu yang secara sadar dapat berubah karena pengaruh dari dirinya sendiri bahkan pengaruh dari masyarakat yang seakan-akan menuntun pada perubahan. Pengembangan karakter yang sesuai akan membentuk intelektual dan budi pekerti individu menjadi seimbang. Aspek moralitas tersebut berupa budi pekerti dan nilai-nilai yang akan membentuk karakter seseorang sesuai dengan apa yang ada pada dirinya. Oleh karena itu, pendidikan seni berbasis karakter perlu diperhatikan dan dilakukan secara maksimal melalui media karya seni seperti misalnya musik Ma’badong. Musik Ma’badong merupakan musik yang digunakan dalam prosesi ritual kematian di Tana Toraja yang mengandung aspek musik dan nilai-nilai luhur yang dianut dalam kepercayaan Aluk To’dolo. Nilai-nilai yang terdapat dalam musik Ma’badong mampu menjadi sarana pembentukan karakter individu yang sesuai dengan masyarakatnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tonika

Publisher

Subject

Arts

Description

Tonika merupakan jurnal interdisiplin yang mengkaji pelbagai isu dan diskursus musik. Jurnal ini mengapresiasi artikel-artikel dalam ranah kajian teoretis, filosofis dan aplikatif berdasar pada penelitian dan pengkajian. Artikel-artikel di Tonika berorientasi untuk menyebarluaskan dan mengembangkan ...