Abstrak Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berusaha memecahkan atau menjawab masalah yang dihadapi pada subjek penelitian. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas X Multimedia SMK Karsa Mulya Palangka Raya dengan jumlah 34 peserta didik. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Analisis yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menggunakan media video dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Desain Grafis kelas X Multimedia SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Hal ini berdasarkan hasil penelitian hasil penelitian yang didapatkan nilai dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan selama dua siklus, bahwa dapat disimpulkan: penggunaan media video dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, dapat dilihat dari rata-rata pra tindakan dengan nilai 43,82, rata-rata siklus I dengan nilai 74,56 dan pada siklus II memperoleh nilai 91,03 dengan ketuntasan klasikal 100%. Kata kunci: Media Video, Hasil Belajar, Desain Grafis
Copyrights © 2020