Journal of Media and Communication Science (JcommSci)
Vol. 3 No. 2 (2020)

Proses Pengambilan Keputusan dalam Situs Belanja Online “Shopee” sebagai Pemenuhan Kebutuhan Konsumen

Astri Wulandari (Mercu Buana University of Yogyakarta)
Christine Pingkan Sampouw (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 May 2020

Abstract

Saat ini konsumen dihadapkan dengan banyak pilihan cara untuk memenuhi keinginan dankebutuhannya. Situs belanja online seolah-olah menjadi satu cara cepat untuk dapat memenuhihasrat belanja konsumen. Shopee memiliki beragam kategori produk yang ditawarkan kepadakonsumen. Kerjasama antara Shopee dengan endorsement juga tampak sebagai upaya untukmenjaga eksistensi tren di bidang yang semakin luas. Pada penelitian ini juga tampak bahwaterdapat keragaman latar belakang yang menaungi masing-masing kepribadian konsumen untukmenggunakan market place ini. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metodewawancara mendalam. Subjek penelitian terdiri dari enam informan dengan latar belakang perilakukonsumen yang berbeda-beda. Analisis dilakukan dengan membagi dua jenis data yakni data primerdari wawancara langsung, dan data sekunder dari artikel yang relevan. Proses pengambilankeputusan pembelian para konsumen dalam membeli produk dalam situs belanja Shopee dilakukandengan beragam cara berdasarkan latar belakang dan keinginan dari dalam diri masing-masing. Olehkarena pengambilan keputusan yang dilakukan oleh konsumen menjadi berbeda-beda seiringberubahnya pola belanja saat ini. Kebutuhan tersier dengan cepat berubah seolah-olah menjadisangat primer mengalahkan kebutuhan primer yang sesungguhnya.Kata kunci: Perilaku Konsumen, Proses pengambilan keputusan, E-Commerce, Shopee

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jcomm

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of Media and Communication Science (JcommSci) is a scientific journal published by the Department of Communication Studies at the University of Mataram. JcommSci is a medium to publish the results of academic research and as a means of updating the development of Communication Sciences. This ...