Jurnal Pengajaran Seni dan Budaya
Vol 5, No 1 (2020): Juli 2020

PENGARUH PENERAPAN TEKNIK BERNYANYI DAN TEKNIK BERCERITA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ANAK TK CAHAYA BUNDA BESULUTU

Petry Sirajuddin<br> Sahlan<br> La Ino (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji apakah ada pengaruh penerapan teknik bernyanyi dan bercerita terhadap penguasaan kosakata bahasa anak TK Cahaya Bunda Besulutu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan pretest posttest control group design. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK Cahaya Bunda yang terdiri dari 2 kelas paralel dengan jumlah siswa 38 anak, dengan rincian Kelas B1 terdiri dari 14 anak dan kelas B2 terdiri dari 24 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil pengamatan untuk mengukur kemampuan kosakata bahasa anak. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan teknik bernyanyi dan bercerita terhadap penguasaan kosakata bahasa anak TK Cahaya Bunda Besulutu.Kata Kunci: Penguasaan Kosakata Bahasa Anak Teknik Bercerita, Teknik Bernyanyi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPSB

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Selamat datang di Jurnal Pembelajaran Seni dan Budaya (JPSB), jurnal elektronik yang diterbitkan Program studi Pendidikan Seni, Pascasarjana Universitas Halu Oleo Kendari. Jurnal Pembelajaran Seni dan Budaya (JPSB), adalah media untuk diskusi ilmiah, deskripsi, dan riset mengenai pendidikan seni dan ...