MIX : Jurnal Ilmiah Manajemen
Vol 10, No 2 (2020): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen

MODEL EMPIRIS PENINGKATAN KEPUASAN DAN NIAT BELI KONSUMEN DALAM PEMILIHAN ONLINE SHOP INSTAGRAM

Jufrizen Jufrizen (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Raihanah Daulay (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Maya Sari (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Muhammad Irfan Nasution (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
27 May 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan model perilaku konsumen dalam pemilihan online shop Instagram. Populasi dan sampel penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Swasta di Kota Medan yang sudah pernah melakukan pembelian pada online shop Instagram minimal 1 (satu) kali. Jenis data yang digunakan adalah  data primer. Teknik pengumpulan data yaitu daftar pertanyaan (Questionaire) dan  wawancara (Interview). Analisis data dengan menggunakan model SEM (Structural Equation Modelling) dibantu dengan program Lisrel 8.80. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan produk (product involvement) berpengaruh positif terhadap persepsi resiko (perceived risk) pada online shop Instagram. Persepsi resiko (perceived risk) berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen (customer satisfaction) pada online shop Instagram. Persepsi resiko (Perceived Risk) berpengaruh positif terhadap kepercayaan konsumen (customer trust) pada online shop Instagram. Kepercayaan konsumen (customer trust) berpengaruh positif terhadap niat beli (Purchase Intention) pada online shop Instagram.  Kepuasan konsumen (customer satisfaction) berpengaruh positif terhadap niat beli (purchase intention) pada online shop Instagram

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Mix

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen is a journal that publishes the results of empirical research that has strong novelty with reference to the latest journals and contributes greatly to scientific development in the fields of Management: Finance, Marketing, Human Resources, and ...