Islamika : Jurnal Agama, Pendidikan dan Sosial Budaya
Vol 14 No 1 (2020): Januari-Juni

FORMAT LEMBAGA PENDIDIKAN PERSPEKTIF PENDIDKAN ISLAM

Basyit, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2020

Abstract

Lembaga pendidikan bentuk organisasi tersusun relatif tetap terdiri atas pola-pola tingkah laku, peranan-peranan dan relasi-relasi terarah dalam mengikat individu yang mempunyai otoritas formal dan sangsi hukum, dalam mencapai tujuan pendidikan Islam. Terdapat empat lembaga pendidikan yang digunakan Rasulullah SAW dalam mengajarkan al-Qur’an dan As-sunah, yaitu: Dar al-Arqam, kuttab, Suffah dan masjid. Pendidikan Islam di Indonesia pada mulanya dilaksanakan secara informal, melalui kontak-kontak pribadi antara mubaligh dengan masyarakat sekitar, dalam proses perdagangan. Lembaga pendidikan Islam formal di Indonesia saat ini; (1) Pondok pesantren, (2) madrasah, (Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah), serta (3) Perguruan Tinggi. Lembaga pendidikan Islam bertujuan meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengalaman peserta didik tentang agama Islam, sehingga menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat berbangasa dan bernegara. Kultur pendidian yang berkualitas akan mengahasilkan SDM yang berkualitas sehingga memiliki daya saing yang tinggi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ISLAMIKA

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

ISLAMIKA publication of scientific works both scientific and the results of research, service and development of teaching materials related to religion, Islamic religious education and ...