Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi)
Vol 8, No 1 (2020): Juni

PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN METODE BRAINSTORMING DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI

Ilah Ilah (Uninversitas Galuh)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa yang kurang optimal di kelas XI Akuntansi SMK Negeri 3 Banjar. Hasil kurang memuaskan terlihat pada Kompetensi Dasar Akuntansi Perusahaan Dagang. Salah satu penyebabnya adalah kurangtepatnya penggunaan model pembelajaran. Menyikapi permasalahan tersebut, peneliti mencoba melakukan eksperimen, yakni menerapkan metode Role Playing dan metode Brainstorming. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan design Nonequivalent Control Group Design. Objek penelitian ini terdiri atas dua kelas, yakni kelas eksperimen sebanyak 15 orang dan kelas kontrol sebanyak 14 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik tes. Pengolahan data menggunakan rumus Uji-t. Hasil analisis menyatakan bahwa hasil pembelajaran dengan menggunakan model Role Playing lebih unggul dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Brainstorming. This research is backed by the low learning outcomes of students in class XI accounting SMK Negeri 3 Banjar. Less satisfactory results are seen in the basic competency of accounting company. One of the reasons is precisely the use of learning models. Addressing the issue, researchers are attempting to experiment, which is implementing Role Playing learning methods and Brainstorming learning methods. The research method used is the experimental method with the design of Nonequivalent Control Group Design. The object in this study consisted of two classes, the experimental class as many as 15 people and a control class of 14 people. Data collection techniques using observation techniques and test techniques. Data processing Using test-t formula. The results of the analysis stated that learning outcomes using the Role Playing learning model was superior to the learning outcomes of learners using the Brainstorming model.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Edukasi Memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan professi Guru IPS, Kajian Perusahaan (BUMN dan BUMS), Perbankan, Ekonomi, dan Akuntansi. ...