cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
+6285223443950
Journal Mail Official
Jurnaledukasiunigal@gmail.com
Editorial Address
Jl. R. E. Martadinata No.150, Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46213
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi)
Published by Universitas Galuh
ISSN : 2355357X     EISSN : 25808818     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Edukasi Memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan professi Guru IPS, Kajian Perusahaan (BUMN dan BUMS), Perbankan, Ekonomi, dan Akuntansi.
Articles 159 Documents
PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, UKURAN DEWAN KOMISARIS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN UKURAN KOMITE AUDIT TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR Tio Sandi Boy Sihombing; Herlina Banjarnahor; Winda Alfionita; Deasy Arisandy Auran
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 8, No 2 (2020): November
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/je.v8i2.4030

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor–faktor yang mempengaruhi CSR pada perusahaan Industri Dasar dan Kimia. Sampel diambil dengan dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel merupakan laporan tahunan perusahaan Industri Dasar dan Kimia tahun 2014-2017. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji anova atau F test, menunjukkan Kepemilikan Institusional, Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Perusahaan, Komite Audit. Berpengaruh Signifikan dan Simultan terhadap CSR Pada perusahaan Industri Dasar dan Kimia. Kemudia dari hasil uji secara parsial dengan mengunakan uji t diketahui variabel independen kepemilikan institusioanl tidak berpengaruh signifikan dan negatif terhadap pengungkapan CSR, variabel independen  ukuran dewan komisaris berpengaruh signifikan dan positif terhadap CSR, variabel independen ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh signifikan dan negatif terhadap CSR, variabel independen ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan dan negatif terhadap CSR, dan variabel independen ukuran komite audit berpengaruh signifikan dan positif terhadap CSR.
FAKTOR KESUKSESAN PENGGUNAAN APLIKASI DARING UNTUK PROSES PEMBELAJARAN AKUNTANSI SAAT PANDEMI COVID-19 Amir Hidayatulloh
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 9, No 1 (2021): Juni
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/je.v9i1.4369

Abstract

Pandemi covid-19 memaksa dunia pendidikan untuk mengubah media pembelajaran yang semula dari offline (tatap muka) menjadi pembelajaran daring (menggunakan aplikasi). Sehingga, perlu dilakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan teknologi untuk proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Akuntansi UAD. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan kriteria mahasiswa yang menempuh mata kuliah Akuntansi Pengantar, Akuntansi Keuangan Menengah, dan Akuntansi Lanjutan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada responden yang memenuhi kriteria dengan bantuan google form. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square dengan bantuan WarpPLS. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa penggunaan teknologi untuk pembelajaran dipengaruhi oleh persepsi kegunaan dan persepsi kemudahaan penggunaan. Sehingga, ketika mahasiswa menganggap teknologi mudah digunakan dan meningkatkan kinerjanya maka mahasiswa tersebut akan mengunakannya. Akan tetapi, kondisi yang memfasilitasi seperti kesediaan sinyal maupun jaringan tidak berpengaruh terhadap penggunaan teknologi untuk pembelajaran.The Covid-19 pandemic forces the world of education to change learning media from offline (face-to-face) to online learning (using applications). So, it is necessary to research the factors that influence the use of technology in the learning process. The population in this study were students of Universitas Ahmad Dahlan (UAD). The samples of this research were students of the UAD Accounting Study Program. The sampling technique used in this study was purposive sampling, with the criteria for students taking introductory accounting, intermediate financial accounting, and advanced accounting courses. Data collection in this study was carried out by distributing questionnaires to respondents who met the criteria with the help of Google Forms. The data analysis technique in this study used Partial Least Square with the help of WarpPLS. This study obtained the results that technology for learning is influenced by perceptions of usefulness and perceived ease of use. So, when students consider technology easy to use and improve their performance, they will use it. However, facilitating conditions such as signal and network readiness does not affect the use of technology for learning.
PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI METODE E-LEARNING Rendra Gumilar; Yoni Hermawan
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 9, No 1 (2021): Juni
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/je.v9i1.5363

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar melalui metode pembelajaran e-learning. Metode dalam penelitian ini adalah survey mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner dan menganalisis data secara stastistik untuk menguji pertanyaan atau hipotesis yang diajukan. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasisiwa pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi yang mengontrak mata kuliah Evaluasi Pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Hasil dari pengolahan angket yang didapatkan bahwa kemandirian belajar pada metode ¬e-learning sudah masuk dalam kategori baik dimana indikator kemandirian belajar 70% rata – rata menunjukan bahwa mahasiswa sudah memimiliki kemandirian dalam belajar dengan metode e-learning. This study aims to determine the increase in independent learning through e-learning methods. The method in this research is a survey to collect data using a questionnaire and analyze the data statistically to test the questions or hypotheses raised. The population in this study were students of economic education at the faculty of teacher training and education at Siliwangi University who contracted Evaluation Learning courses. The data collection used a questionnaire. The results of the questionnaire processing showed that learning independence in the e-learning method was included, in the good category where the indicator of learning independence, 70% on average, presented that students already had freedom in learning with the e-learning method.
PERAN IBU RUMAH TANGGA DALAM MEMBANTU PEREKONOMIAN KELUARGA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA GIRILAYA Ilah Ilah; Dedeh Dedeh; Rita Patonah; Tati Haryati
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 9, No 1 (2021): Juni
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/je.v9i1.5315

Abstract

Saat ini kita mengalami ketidakstabilan di sektor ekonomi akibat krisis yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19. Ketidakstabilan kondisi perekonomian ini semakin terasa di dalam kehidupan masyarakat, terutama dalam rumah tangga. Konsumsi rumah tangga, sebagai pendukung utama perekonomian terus melambat secara signifikan. Sebagai akibatnya, status perempuan tidak lagi menjadi ibu rumah tangga saja, tatapi peranannya dituntut dalam berbagai kehidupan sosial kemasyarakatan, seperti ikut bekerja membantu suami, bahkan menjadi tulang punggung ekonomi keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana peran ibu rumah tangga dalam membantu perekonomian keluarga pada masa Pandemi Covid-19. Hasil penelitian 1) Dampak pandemi Covid-19 terhadap perekomomian dirasakan terutama oleh pedagang. Selain itu dirasakan juga oleh para pekerja yang merantau di luar kota yang kena PHK. 2) Ibu rumah tangga di desa Girilaya berinisiatif membantu perekonomian keluarga dengan bekerja serabutan, bercocok tanam, dan yang lainnya. Ide kreatif yang diinisiasi Ibu Kades menjadi solusi lain dalam memberdayakan ibu-ibu dalam mengolah makanan dengan menyediakan lauk-pauk, yaitu membuat aneka macam pasakan dan mengolah hasil pertanian dan perkebunan menjadi makanan jadi yang memiliki nilai jual lebih.We are currently experiencing instability in the economic sector due to the crisis caused by the Covid-19 pandemic. The instability of this financial condition is increasingly felt in people's lives, especially in households. Household consumption, the main supporter of the economy, continues to slow down significantly. As a result, the status of women is no longer just housewives. Still, their role is demanded in various social life, such as working to help their husbands and even becoming the spine of the family economy. This study aims to describe how the role of homemakers in helping the family economy during the Covid-19 Pandemic. The results 1) The impact of the Covid-19 pandemic on the economy was felt mainly by traders. Apart from that, workers who have migrated outside the city who have separation are also feeling it. 2) Housewives in Girilaya village took the initiative to help the family economy by working odd jobs, farming, and others. The creative idea that the Village Head initiated is another solution in empowering mothers in processing food by providing side dishes, namely making various kinds of food and processing agricultural and plantation products into finished food that has more selling value.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI UNTUK BERKARIR SEBAGAI KONSULTAN PAJAK Kartika Damayanti; Asep Kurniawan
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 9, No 1 (2021): Juni
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/je.v9i1.5000

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi, self-efficacy, motivasi, pertimbangan pasar kerja, nilai-nilai sosial, dan pengaruh orang tua terhadap minat mahasiswa program studi akuntansi untuk berkarir sebagai konsultan pajak. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling dan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 220 responden yang merupakan mahasiswa program studi Akuntansi yang berkuliah di Perguruan Tinggi yang berada di Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel persepsi, self-efficacy, dan pertimbangan pasar kerja tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa program studi akuntansi untuk berkarir sebagai konsultan pajak. Sedangkan variabel motivasi, nilai-nilai sosial, dan pengaruh orang tua berpengaruh terhadap minat mahasiswa program studi akuntansi untuk berkarir sebagai konsultan pajak. Secara simultan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi, self-efficacy, motivasi, pertimbangan pasar kerja, nilai-nilai sosial, dan pengaruh orang tua mempengaruhi minat mahasiswa program studi akuntansi untuk berkarir sebagai konsultan pajak.This study aims to determine the effect of perception, self-efficacy, motivation, labour market considerations, social values, and the influence of parents on the interest of accounting study program students for a career as a tax consultant. The method used in sampling is a non-probability sampling method with purposive sampling technique, and the number of samples in this study amounted to 220 respondents who were students of the Accounting study program studying at universities in West Java. The results showed that partially, the variables of perception, self-efficacy, and labour market considerations had no effect on the interest of accounting study program students for a career as a tax consultant. Meanwhile, the variables of motivation, social values, and the influence of parents affect the interest of accounting students for a career as a tax consultant. However, simultaneously the results of the study indicate that the variables of perception, self-efficacy, motivation, labour market considerations, social values, and the influence of parents affect the interest of accounting students for a career as a tax consultant.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA KELAS VIIIC SMP NEGERI 1 CIASEM MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG (TTS) Dedi Sugianto
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 5, No 1 (2017): Juni
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.99 KB) | DOI: 10.25157/je.v5i1.264

Abstract

Hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ciasem terhadap mata pelajaran IPS selama ini masih kurang dari 60% siswa yang dapat mencapai KKM. Berdasarkan keadaan tersebut, guru melakukan upaya agar hasil belajar siswa dapat meningkat, yaitu dengan melakukan tindakan berupa penggunaan media Teka-teki Silang (TTS) dalam kegiatan pembelajaran, sebagai media siswa dalam mengerjakan latihan soal-soal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS yang dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan test dan non test, dengan alat pengumpul data berupa lembar tugas, lembar post test, dan lembar pengamatan baik oleh guru terhadap siswa maupun terhadap guru oleh kolaborator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII C setelah diadakan tindakan, bila dibandingan dengan hasil belajarnya sebelum diadaakan tindakan. Penggunaan Media Pembelajaran berupa TTS dapat meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Ciasem. Karena melalui media TTS sebagai sarana dalam mengerjakan latihan soal-soal, siswa akan berusaha untuk menemukan jawaban soal-soal dalam mengisi TTS, sehungga siswa akan lebih mudah untuk memahami materi pelajaran. mereka tidak merasa bosan dalam mengikuti pelajaran dan akan lebih mudah mengingat materi yang telah dipelajari.
ANALISIS SWOT PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN KEPEMILIKAN EMAS DI BJB SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU BANTAR KALONG Joni Ahmad Mughni
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 7, No 1 (2019): Juni
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.386 KB) | DOI: 10.25157/je.v7i1.2669

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis analisis SWOT pemasaran produk pembiayaan kepemilikan emas di BJB Syariah KCP Bantarkalong. Dengan latar belakang masalah yakni secara umum berdasarkan data BJB Syariah KCP Bantarkalong ditemukan fakta bahwa minat masyarakat terhadap produk pembiayaan emas masih rendah. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis berbagai dokumen yang berkaitan dengan judul yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil EFAS (Eksternal Factors Analysis Summary) dan IFAS (Internal Factors Analysis Summary) analisis SWOT pemasaran produk PKE BJBS KCP Bantarkalong ini memiliki total nilai skor masing-masing 1,75 dan 2,45. Berdasarkan Matriks Grand Strategy maka diketahui skor EFAS dan IFAS bertemu di kuadran I. Sehingga tampak bahwa strategi yang sesuai bagi pemasaran produk PKE BJBS KCP Bantarkalong adalah strategi pertumbuhan. Artinya, perusahaan atau lembaga dapat melakukan perluasan usaha dengan menambah SDM yang berkualitas untuk dapat fokus melakukan pemasaran PKE di BJBS KCP Bantarkalong.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENJAGA KEUTUHAN NKRI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DI KELAS V SD NEGERI INDIHIANG TASIKMALAYA TAHUN PELAJRAN 2015/2016 WAWAN KURNIAWAN
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 4 (2016): Desember (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.418 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i4.1021

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, maupun oleh teman sejawat. siswa yang mendapat nilai diatas 75 sebanyak 17 siswa, atau 44,7 % sedangkan nilai kurang dari 75 sebanyak 21 siswa atau 55,3% dari 38 siswa. Setelah peneliti melaksanakan perbaikan pembelajaran melalui pembelajaran siklus I dan siklus II dengan materi Negara Kesatuan Republik Indonesia dikelas V semester I tahun pelajaran 2015/2016 di SD Negeri Indihiang Kota Tasikmalaya, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dengan metode bermain peran melalui pendekatan model cooperative learning dengan mengefektifkan alat peraga kebudayaan dan globe telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan ini terjadi pada siklus I maupun siklus II dengan bukti adanya peningkatan pada :1) Menggunakan media pembelajaran kebudayaan dan globe dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Negara Kesatuan Republik Indonesia. 2)Model pembelajaran cooperative learning melalui penerapan metode bermain peran untuk dengan mengefektifkan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 3)Prosentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada evaluasi, sebelum perbaikan pembelajaran ada 17 siswa atau 44,7% dari 38 siswa. Pada perbaikan pembelajaran siklus I meningkat, siswa yang nilainya 75 keatas menjadi 26 atau 68,42% dari jumlah 38 siswa dan pada perbaikan siklus II menjadi 37siswa atau 97,3%.Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Cooperative Learning
PENINGKATAN DISIPLIN MELALUI PENDEKATAN KONSELING KELOMPOK BEHAVIORISTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VII-F DI SMP NEGERI 1 CIAMPEL KABUPATEN KARAWANG PADA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2015/2016 DANA SURYAATMAJA
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 2 (2016): April (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.724 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i2.988

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah ada peningkatan disiplin melalui pendekatan konseling kelompok behavioristik pada peserta didik kelas VII-F di SMP Negeri 1 Ciampel kabupaten Karawang pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Kemudian penelitian ini bertujuan agar peserta didik mengetahui adanya peningkatan disiplin melalui pendekatan konseling kelompok behavioristik pada peserta didik kelas VII-F di SMP Negeri 1 Ciampel Kabupaten Karawang pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Adapun manfaat bagi peserta didik menjadi terbiasa disiplin melalui pendekatan konseling kelompok behavioristik pada peserta didik kelas VII-F di SMP Negeri 1 Ciampel kabupaten Karawang pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Terbukti dengan perkembangan yang dipaparkan dari siklus 1, siklus 2, dan siklus 3. Perubahan tersebut berupa perubahan prilaku positif dan pada siklus ke dua dan ketiga terdapat perubahan prilaku yang lebih positif lagi. Diharapkan dengan penelitian ini guru memiliki kebiasaan menamakan kedisiplinan kepada peserta didik dalam rangka meningkakan hasil belajar siswa secara keseluruhan.Kata Kunci: Disiplin, Pendekatan Konseling Kelompok Behavioristik, Kelas VII-F di SMP Negeri 1 Ciampel kabupaten Karawang.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DIAH HURIAH
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 3 (2016): Agustus (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (549.305 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i3.1011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) di kelas VIII A SMP Negeri 2 Blanakan Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2014-2015. Subjek penelitian terdiri dari 40 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan melalui pembelajaran yang menerapkan model Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Pada 2 pertemuan awal pembelajaran tentang pembahasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata-rata hasil tes formatif siklus I adalah 66,75 dan rata-rata hasil tes formatif siklus II adalah 78. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata sebesar 16,85%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Blanakan Subang kelas VIII A semester genap tahun pelajaran 2014-2015 pada materi sistem persamaan linier dua variabel.Kata kunci : hasil belajar, Cooperative Learning, STAD

Page 1 of 16 | Total Record : 159