Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis
Vol. 14 No. 1 (2019): Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis

EVALUASI TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS BALOCCI KABUPATEN PANGKEP

La Sakka (STIKES Nani Hasanuddin Makassar)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2019

Abstract

Kepuasan pasien adalah hasil suatu evaluasi (pembandingan) dari apa yang didapat dengan apa yang diharapkan, bukan suatu sikap (rasa menyukai sesuatu atau tidak menyukai tanpa unsur perbandingan). Pengukuran kepuasan menggunakan item ganda sehingga mampu memberikan informasi apa yang menjadikan puas dan tidak puas. Pelayanan kefarmasian yang balk adalah pelayanan yang berorientasi langsung dalam proses penggunaan obat, bertujuan menjamin keamanan, efektifitas dan kerasionalan penggunaan obat dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan fungsi dalam perawatan pasien. Tuntutan pasien dan masyarakat akan mutu pelayanan kefarmasian mengharuskan adanya perubahan paradigm pelayanan dari paradigm lama yang berorientasi pada produk obat, menjadi paradigma barn yang berorientasi path pasien. Hasil penelitian yang telah diperoleh dari tabel Distribusi frekuensi karakteristik responden berdasarkan tingkat kepuasan masyaralcat adalah 30 (88.2) orang responden yang merasa puas dengan pelayanan kefarmsian di Puskesmas Balocci Kabupaten Pangkep dan ada 4 (11.8) orang responden yang merasa tidak puas dengan pelayanan kefarmasian di Puskesmas Balocci Kabupaten Pangkep.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jikd

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis merupakan jurnal yang diterbitkan oleh STIKES Nani Hasanuddin Makassar dengan pISSN : 2302-1721 dan eISSN : 2302-2531 yang terbit 4 Kali dalam satu tahun setiap Februari, Mei, Agustus dan November. Nursing Inside Community merupakan jurnal akses terbuka, peer-review ...