Medica Arteriana (Med-Art)
Vol 2, No 1 (2020): Juni 2020

Gambaran Status Kesehatan Gigi dan Mulut pada Pasien Prolanis di Puskesmas Kedungmundu

Zazkia Zita Zhafira Soni (Program Studi S1 Pendidikan Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Muhammadiyah Semarang)
Retno Kusniati (Dosen Program Studi S1 Pendidikan Dokter Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Muhammadiyah Semarang)
Ayu Kristin Rakhmawati (Dosen Program Studi S1 Pendidikan Dokter Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Muhammadiyah Semarang)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2020

Abstract

Latar Belakang: Kesehatan gigi dan mulut masih menjadi permasalahan di masyarakat yang perlu diperhatikan. Prevalensi penduduk yang mempunyai masalah gigi dan mulut di Indonesia menurut Riskesdas 2018 sebesar 57,6%. PROLANIS (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) merupakan suatu program dengan dua fokus penyakit yaitu Diabetes Melitus dan Hipertensi. Kasus Diabetes Melitus tertinggi di Kota Semarang tahun 2018 ada di Puskesmas Kedungmundu sebanyak 3.165 kasus dan Hipertensi sebanyak 4.417 kasus. Penderita Diabetes Melitus mempunyai beberapa manifestasi oral seperti karies, mulut kering, dan periodontitis. Sedangkan Hipertensi mempunyai manifestasi oral seperti hyperplasia gingival dan xerostomia. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan status kesehatan gigi dan mulut pada pasien Prolanis di Puskesmas Kedungmundu.Metode: Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional, menggunakan teknik purposive sampling  diperoleh 55 responden.Hasil: Keadaan mahkota gigi karies sebesar 38,6%, akar gigi karies sebesar 34,8%, gingival bleeding atau perdarahan gingiva sebesar 47,8%, poket periodontal 4-5 mm sebesar 75,1%, kehilangan perlekatan yaitu 0-3 mm, tidak ada tanda erosi sebesar 54%, tidak ada lesi mukosa oral sebesar 50,9%, kebutuhan perawatan segera sebesar 72,7%, dan hanya satu pasien yang menggunakan gigi tiruan.Kesimpulan: Pasien Prolanis di Puskesmas Kedungmundu mempunyai status kesehatan gigi dan mulut mahkota dan akar gigi yang karies, terdapat gingival bleeding atau perdarahan gingiva, terdapat poket periodontal dan kehilangan perlekatan, tidak ada tanda erosi gigi dan lesi mukosa oral, kebutuhan perawatan perlu tetapi tidak segera, dan hanya satu pasien yang menggunakan gigi tiruan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

MedArt

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology

Description

Medica Arteriana (Med-Art) is an open access journal as the official scientific journal of the Faculty of Medicine University Muhammadiyah of Semarang. The Journal publishes articles in medical and health sciences resulted from basic sciences, clinical sciences and community health (public health, ...