Joined Journal (Journal of Informatics Education)
Vol 3 No 1 (2020): Volume 3 Nomor 1 (2020)

PENGEMBANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNA RUNGU

Alwan, Ahmad Zuhdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2020

Abstract

Game edukasi merupakan media pembelajaran yang bersifat mendidik agar pengguna mendapatkan pengetahuan dengan cara bermain sambil belajar. Semakin berkembangnya teknologi membuat segala bidang kehidupan untuk saling meningkatkan mutu dan kualitas sistem informasinya guna mengikuti perkembangan di era globalisasi ini. Penelitian ini mempunyai tujuan mengembangkan game edukasi bagi anak berkebutuhan khusus tuna rungu sebagai media pembelajaran yang interaktif dan efektif. Metode penelitian yang digunakan untuk pengembangan game ini adalah scrum, yang memiliki 3 pola proses, yaitu pregame, game, dan postgame. Hasil dari penerapan metodologi scrum pada pengembangan aplikasi game edukasi ini yaitu fitur motif batik tradisional, ornament utama, ornament isian, ornament pelengkap, alat dan bahan, mendesain motif, dan bahasa isyarat pada menu materi dan permainan tebak alat dan bahan, tebak ornament utama, pasang motif batik, dan tebak ornament pelengkap pada menu gim.       

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jiptika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Engineering Other

Description

The scope of this journal specializes in topics related to Informatics Education, learning using information technology, and innovation in other informatics ...