Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 6 No. 1 (2020): June

PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN DAN MOTIVASI BERLATIH TERHADAP TEKNIK DASAR SEPAKBOLA SEKOLAH SEPAKBOLA BEJI TIMUR U-13

Ardo Okilanda (Universitas Negeri jakarta)
Firmansyah Dlis (Universitas Negeri Jakarta)
Hidayat Humaid (Universitas Negeri Jakarta)
Dede Dwiansyah Putra (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan pengaruh metode blocked practice, random practice dengan motivasi berlatih tinggi dan rendah terhadap kemampuan teknik dasar sepakbola. Penelitian ini menggunakan treatment by level 2 x 2. Sampel dengan 40 siswa Sekolah sepakbola Beji Timur U-13. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tuckey pada tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menjawab (1). Ada perbedaan pengaruh siginifikkan metode blocked practice (A1) motivasi latihan tinggi dengan random practice (A2) motivasi latihan tinggi terhadap kemampuan teknik dasar sepakbola blocked practice (X=51,801 ; SD=7,135) lebih tinggi dari metode random practice (X=48,198 ; SD=5,514). (2). Ada perbedaan pengaruh signifikkan metode blocked practice (A1) motivasi latihan rendah dengan random practice (A2) motivasi latihan rendah terhadap kemampuan teknik dasar sepakbola metode blocked practice motivasi berlatih rendah Qo = -2,369 dan Qt = 3,89 lebih rendah dari nilai teknik dasar dalam sepakbola metode random practice motivasi berlatih rendah. Aspek motivasi interinsik dan ekstrinsik perlu yang lebih luas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...