Masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan media belajar yang menyebabkan peserta didik merasa bosan yang mengakibatkan menurunnya minat belajar pada peserta didik. Dengan adanya masalah tersebut diperlukan adanya majalah elektronik untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk majalah elektronik materi rambatan kalor, mengetahui kelayakan majalah elektronik materi rambatan kalor dan mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik yang menggunakan majalah elektronik materi rambatan kalor.Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan metode dari Sugiyono. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi oleh validator, angket respon peserta didik dan angket minat belajar peserta didik.Hasil analisis data dari angket validasi ahli media mendapat persentase 81,6%, validasi ahli materi mendapat persentase 75,3%, validasi pendidik mendapat persentase 80% dan hasil uji coba peserta didik mendapat persentase 86,4%. Hal ini menunjukkan bahwa majalah elektronik layak untuk digunakan. Hasil uji minat belajar sebelum penggunaan media sebesar 70,1% yang tergolong kategori cukup. Setelah penggunaan media belajar, hasil uji minat belajar peserta didik sebesar 77,4% yang tergolong kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik meningkat setelah menggunakan majalah elektronik.
Copyrights © 2020