Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual
Vol 2 No 1 (2020): Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual

KEMASAN JAJANAN TRADISIONAL PRODUK UKM KAMPUNG KUE (STUDI KASUS UD. DIEVA CAKE)

Aileena Solicitor C.R.E.C (UPN "Veteran" Jatim)
Widya sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Kemasan merupakan hal yang penting dalam sebuah produk. Kemasan tidak hanya berfungsi mengemas dan melindungi produk, namun juga berfungsi memberikan identitas dan informasi produk. Kemasan yang menarik dapat memikat para pelanggan untuk membeli produk tersebut. UD. Dieva Cake adalah salah satu pelaku UKM di Kampung Kue yang menjual jajanan tradisional. produk unggulan dari jajanan tradisional UD. Dieva Cake adalah aneka kue pie dan jenang jagung. Kedua produk tersebut memiliki kelemahan dari sisi pengemasan, yaitu tidak memiliki identitas, kurangnya informasi produk dan hanya dikemas dengan plastik transparan dan tidak memiliki label pada kemasannya sehingga tidak memiliki daya tarik bagi konsumen. Tujuan perancangan kemasan produk jajanan tradisional adalah sebagai upaya memberikan identitas pada produk baik identitas merek UD. Dieva Cake dan identitas sebagai pelaku UKM Kampung Kue. Perancangan dilakukan dengan metode kualitatif melalui pendekatan wawancara, observasi dan studi pustaka. Analisa data menggunakan analisa VIEW untuk menganalisis fitur kemasan yang tepat untuk produk jajanan tradisional berdasarkan data wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil perancangan ini adalah desain kemasan yang memiliki identitas dan sesuai dengan karakteristik produk jajanan tradisional.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

gestalt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal GESTALT merupakan terbitan berkala ilmiah Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Arsitektur dan Desain, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur. Jurnal Gestalt Terbit dua kali setahun pada bulan juni dan ...