Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual
Vol 2 No 1 (2020): Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual

GAMBARAN KEBIASAAN MAKAN MASYARAKAT URBAN DALAM IKLAN GRABFOOD VERSI “JANGAN LUPA MAKAN”

Aditya Rahman Yani (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)
Widya sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2020

Abstract

Penelitian berjudul Gambaran Kebiasaan Makan Masyarakat Urban dalam Iklan Grabfood Versi “Jangan Lupa Makan” ini adalah penelitian yang mengungkap gambaran kebiasaan makan masyarakat urban yang diartikulasikan dalam visual image yang berupa tayangan iklan. Masyarakat urban kini mengalami perubahan perilaku dalam mengonsumsi makanan dan minuman dari konvensional berubah ke aplikasi di smartphone. Salah satu perusahaan jasa pesan antar makanan yang berkembang di Indonesia adalah PT Grab Indonesia yang keberhasilannya tidak lepas dari peran strategi iklannya versi “Jangan Lupa Makan” yang dirilis pada akhir 2019. Peneliti dipilih sebagai objek penelitian karena menampilkan gambaran perilaku makan masyarakat urban di Indonesia. Alat analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah Semiotika Barthes yang tertarik pada pembahasan denotasi, konotasi, mitos dan ideologi. Hal menarik dari penelitian ini adalah melihat bagaimana iklan merepresentasikan kebiasaan makan masyarakat urban yang beraneka ragam dari berbagai kelas sosial, etnis, profesi, dan perannya di masyarakat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

gestalt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal GESTALT merupakan terbitan berkala ilmiah Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Arsitektur dan Desain, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur. Jurnal Gestalt Terbit dua kali setahun pada bulan juni dan ...