Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas
Vol 4 No 1 (2020): Vol.4,No.1,2020

Pengaruh brand equity dan brand image terhadap keputusan wisatawan menginap di artotel sanur bali

Meisya Ridha Maghfira (Universitas Udayana)
Agus Muriawan Putra (Universitas Udayana)
I Gusti Ngurah Widyatmaja (Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2020

Abstract

Abstrak Artotel Indonesia merupakan salah satu perusahaan hotel manajemen, Artotel memiliki properti hotel yang berlokasi di Kawasan Sanur, Bali yaitu Artotel Sanur Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek dan citra merek terhadap keputusan menginap wisatawan di Artotel Sanur Bali. Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dalam pemilihan responden dengan menggunakan metode incidental sampling. Responden dalam penelitian ini adalah 100 wisatawan yang sedang menginap di Artotel Sanur Bali. Pengumpulan data primer dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan wawancara dengan narasumber. Pada penelitian ini terdapat dua variabel independen yang dianalisis yaitu ekuitas merek dan citra merek sementara variabel dependen adalah keputusan menginap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan pengukuran Skala Likert dan dianalisis menggunakan analisis statistik inferensia menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini diperoleh bahwa ekuitas merek berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan menginap wisatawan di Artotel Sanur Bali dengan nilai rata-rata tertinggi adalah 4,29 dengan kriteria sangat baik yaitu wisatawan memiliki komitmen untuk terus menginap di Artotel termasuk ARTOTEL Sanur Bali (X1.15). Hasil berikutnya adalah Artotel Sanur Bali memiliki merek berciri khusus yang tidak dimiliki hotel bitang 4 lainnya di Sanur sebesar 4,22 (X2.2). Hal ini menunjukan bahwa Artotel Sanur Bali memiliki merek berciri khusus yang tidak dimiliki hotel bitang 4 lainnya di Sanur dan dapat dipastikan segala aspek dalam merek tersebut mulai dari fisik hotel hingga pelayanan lebih berciri khas dibandingkan hotel sejenis lain di Sanur, hal tersebutlah yang mempengaruhi wisatawan dalam menentukan keputusan menginap. Kata kunci: Ekuitas Merek, Citra Merek, Keputusan Menginap.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jkh

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...