Pembelajaran matematika pada sekolah dasar hendaknya menggunakan beberapa strategi pembelajaran, tujuannya adalah untuk memudahkan proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil observasi awal pada kelas IV MIN Peureulak menunjukkan bahwa siswa tidak mampu menghitung pecahan yang berpenyebut sama dan pecahan berpenyebut beda. Penggunaan strategi CTL ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghitung siswa dan untuk mengetahui aktivitas yang dilakukan siswa khususnya pada materi pecahan di kelas IV MIN Peureulak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan sebanyak dua siklus pada siswa kelas IV/A. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I berjumlah 42%. Pada siklus II meningkat mencapai 77%, serta terjadi peningkatan terhadap aktivitas belajar siswa yaitu pada siklus I berjumlah 73% dan pada siklus II meningkat mencapai 87%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran CTL dapat meningkatkan kemampuan menghitung pecahan siswa serta dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pecahan di kelas IV/A MIN Peureulak.
Copyrights © 2020