Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan
Vol 2019, No 1

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Komputer pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis di MAS Darul Ihsan

Isni Warditon (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
Fitriyawany Fitriyawany (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2020

Abstract

Listrik dinamis merupakan salah satu materi fisika yang kurang diminati oleh siswa. Keberadaan laboratorium disebagian sekolah tidak lengkap atau kurang terampil dalam memanfaatkan alat peraga sering dijumpai menjadi masalah utama pembelajaran fisika dibenci siswa. Sehingga guru cenderung mengajar dengan pengetahuannya tanpa memodifikasi pembelajaran dengan menggunakan media. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis animasi komputer pada pokok bahasan listik dinamis di MAS Darul Ihsan untuk menghasilkan produk media pembelajaran yang layak digunakan guru dalam menjalankan proses belajar mengajar lebih menarik. Berdasarkan lembar validasi akhir didapatkan persentase rata-rata 94% dan tergolong dalam katagori sangat layak. Sedangkan untuk melihat respon siswa terhadap media pembelajaran tersebut dilakukan uji coba produk terhadap siswa dan mendapatkan respon sangat positif dengan persentase rata-rata sebesar 92,39% dan tergolong dalam kriteria sangat tertarik. Dengan demikian program yang dikembangkan layak dijadikan sebagai media pembelajaran dan dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran fisika pokok bahasan listrik dinamis untuk siswa SMA kelas X

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnalphi

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Engineering Physics Other

Description

Jurnal Phi teregistrasi dengan ISSN : 2549-7162 (daring) dan ISSN : 2460-4348 (cetak) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil riset dalam lingkung fisika dan pendidikan fisika yang berdampak pada pengetahuan dan teknologi. Kami tidak menerima tulisan yang masih berupa hasil pendahuluan atau ...