JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 2, No 2: Oktober 2019

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF HIDROLISIS GARAM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENUMBUHAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA

Erma Anjalina (Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FPMIPA IKIP Mataram)
Khaeruman Khaeruman (Dosen Program Study Pendidikan Kimia FPMIPA IKIP Mataram)
Ratna Azizah Mashami (Dosen Program Study Pendidikan Kimia FPMIPA IKIP Mataram)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan dari multimedia interaktif hidrolisis garam berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model (Research and Development) yang meliputi 10 tahap pelaksanaan yaitu potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produk masal. Namun pada penelitian ini hanya  sampai pada tahap revisi produk. Multimedia interaktif yang dihasilkan kemudian divalidasi oleh 2 dosen ahli bidang pendidikan kimia, dan untuk uji praktisi oleh 1 orang guru kimia dan selanjutnya dilakukan uji coba kelompok terbatas dengan melibatkan 15 orang siswa SMA Negeri 1 Praya Timur. Berdasarkan penilaian dari dua dosen sebagai validator mendapatkan rata-rata 95,3 % dengan kategori sangat layak ,hasil uji praktisi mendapatkan persentase sebesar 95,8 % dengan kategori sangat layak, dan hasil uji coba kelompok terbatas (uji kepraktisan) oleh 15 orang siswa mendapatkan persentase rata-rata   penilaian untuk kemudahan, keterbacaan, tampilan, materi, dan motivasi sebesar 84,6% dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk hasil pengembangan multimedia hidrolisis garam berbasis PBL  telah memenuhi aspek kelayakan dan media ini dapat dilanjutkan ketahap uji coba kelompok besar (uji coba kelompok masal).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...