Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Kreatif Online

Penerapan Model Problem Based Learning dengan Metode Doing Sciences untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VIII MTs. Al-Khairaat Tuwa Sigi

Syarif Hidayatullah (Pendidikan Fisika FKIP UNTAD)
Muslimin Muslimin (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako)
Syamsu Syamsu (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar IPA fisika melalui penerapan model problem based learning dengan metode doing sciences pada siswa kelas VIII MTs. Al-khairaat Tuwa Sigi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 fase, yakni perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Al-khairaat Tuwa Sigi dengan jumlah siswa 25 orang. Pada siklus I dari 25 siswa yang mengikuti tes terdapat 13 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata 60,40, presetase ketuntasan klasikal yaitu 48,00% dan presentase daya serap klasikal 60,40%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model problem based learning dengan metode doing sciences perlu dilakukan refleksi untuk ditindaklanjuti pada siklus II. Pada siklus II terdapat 3 siswa yang belum tuntas namun nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 80,40 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal yaitu 88,00% dan presentase daya serap klasikal yaitu 80,40% hal ini sudah memenuhi indikator yang telah ditentukan yakni sebesar 80%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dengan metode doing sciences dapat meningkatkan hasil belajar IPA Fisika pada siswa kelas VIII MTs. Al-khairaat Tuwa Sigi.

Copyrights © 2020