Jurnal e-Komunikasi
Vol 7, No 2 (2019): VOL 7, NO 2 AUGUST 2019

Relational Maintenance Antara Ayah dan Anak yang Bersatu Kembali Setelah Perceraian

Evelyn Jessica (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya)
Desi Yoanita (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya)
Astri Yogatama (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2020

Abstract

Single parent merupakan salah satu masalah atau fenomena yang dapat diartikan sebagai keluarga yang orang tuanya hanya terdiri dari seorang ibu atau seorang ayah, dan dapat bertanggung jawab untuk mengurus setiap anaknya setelah perceraian, mati, atau kelahiran anak di luar nikah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui relational maintenance antara ayah dan anak yang bersatu kembali setelah berpisah karena perceraian. Komunikasi keluarga adalah salah satu dasar utama untuk membangun relational maintenance antara ayah kepada anak, sehingga relasi dan hubungan keduanya dapat semakin membaik. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Terdapat tiga aspek temuan utama dalam penelitian ini yaitu proses relational maintenance yang meliputi confirmation, rituals, dan relations currencies. Kedua, adanya hambatan komunikasi yang disebabkan oleh prasangka, perbedaan gender, perasaan, motivasi terpendam, dan perbedaan pendapat. Sedangkan, orang ketiga yang ikut terlibat dalam membantu relational maintenance tersebut yaitu kakak perempuan pertama dan kerabat perempuan dari pihak ayah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya relational maintenance yang dibangun oleh ayah  kepada anak hanya sampai pada tahap afektif (intimacy). Oleh karena itu, relasi atau hubungan di antara keduanya terus diupayakan sehingga dapat mencapai tahap pertukaran stabil.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...