Jurnal e-Komunikasi
Vol 7, No 2 (2019): VOL 7, NO 2 AUGUST 2019

Citra Lion Air di media online Tribunnews.com pasca jatuhnya pesawat Lion Air JT 610

Gracia Maria Priscilla (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya)
Titi Nur Vidyarini (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya)
Monica Rusdianto (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penggambaran citra Lion Air yang terdapat dalam pemberitaan media online Tribunnews.com pasca jatuhnya pesawat JT 610. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori citra dengan indikator primary impression, familiarity, perception, preference, dan position yang dicetuskan oleh Marita Vos. Selain itu ada pula variabel tambahan yakni narasumber berita. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode analisis isi. Peneliti menganalisis citra Lion Air dalam sampel yakni sebanyak 236 berita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa elemen citra Lion Air paling banyak digambarkan melalui elemen citra familiarity, dimana menunjukan pengenalan media terhadap perusahaan. Elemen ini secara dominan ditunjukkan melalui indikator produk dan jasa, yaitu informasi terkait pesawat JT 610. Selain itu, sebagian besar pemberitaan di Tribunnews.com mengambil narasumber dari eksternal perusahaan, khususnya pengamat profesional.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...