Jurnal e-Komunikasi
Vol 7, No 2 (2019): VOL 7, NO 2 AUGUST 2019

Sikap Pengunjung Mengenai Servicescape Starbucks Reserve Dewata

Lisa Almasih (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya)
Amelia Sidik (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya)
Felicia Goenawan (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sikap pengunjung pada servicescape Starbucks Reserve Dewata. Servicescape merupakan fasilitas dalam pemasaran yang didesain untuk kebutuhan tamu dan memuaskan tamu, di mana desain fasilitas fisik akan memberikan dampak positif terhadap konsumen. Servicescape terbagi menjadi 3 dimensi, yaitu ambient conditions; spatial layout &  functionally; signs, symbols, and artifacts. Strabucks Reserve Dewata merancang suatu strategi pemasaran jasa melalui servicescape yang digunakan sebagai fasilitator dalam kegiatan transaksi jasa sekaligus mengkomunikasikan nilai perusahaan kepada pengunjung. Dengan demikian, penelitian ini dilakukan untuk melihat sejauh mana nilai Strabucks Reserve Dewata dapat terkomunikasikan kepada pengunjung sepenuhnya melalui media servicescape sehingga terjadi perubahan sikap. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dan menggunakan metode penelitian survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi ambient conditions memperoleh nilai tertinggi pada sikap kognitif dan sikap afektif, sementara dimensi spatial layout & functionally memperoleh nilai tertinggi pada sikap konatif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...