Jurnal e-Komunikasi
Vol 7, No 2 (2019): VOL 7, NO 2 AUGUST 2019

Perilaku Konsumen Dalam Memilih DANA Sebagai Aplikasi Fintech Payment

Gaby Lingga Safira (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya)
Felicia Goenawan (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya)
Vita Monica (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2020

Abstract

Era digital yang serba praktis memicu munculnya berbagai perusahaan fintech payment di Indonesia, salah satunya adalah DANA. Persaingan bisnis yang ketat sehingga mengharuskan perusahaan untuk merancang suatu strategi pemasaran yang didasari dengan riset perilaku konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk melihat perilaku konsumen dalam memilih DANA sebagai aplikasi fintech payment dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei. Terdapat empat proses pengambilan keputusan dalam perilaku konsumen, yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, dan keputusan membeli. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku konsumen dalam tahap pengenalan masalah melibatkan penawaran pembayaran dari merchant di mall dan lingkungan sosial. Dalam tahap pencarian informasi, WOM dari teman dan Instagram dijadikan sebagai sumber dalam mencari informasi. Lalu, dalam tahap evaluasi alternatif WOM dari teman dan Instagram dijadikan sebagai sumber yang dipercaya. Namun, pada tahap keputusan membeli, yang menjadi faktor pendorong adalah promosi yang ditawarkan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...