Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI
Vol 5, No 1 (2020): April

MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MUHAMMDIYAH MATARAM

Mappanyompa Mappanyompa (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2020

Abstract

Abstrak: Penelitian ini brtujuan untuk meningkatkan hasil belajar sisiwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learniang (PBL) pada mata pelajaran Kemuhammadiyahan di SMA Muhammdiyah Mataram. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tidakan Kelas (PTK), penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara guru dan observasi. Penelitian ini meliputi empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, obserfasi dan refleksi. Jenis instrumen yang di gunakan untuk menumpulkan data yang digunakan adalah Tes hasil belajar siswa dan lembar pedoman observasi guru dan siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif untuk menentukan ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian meneunjukan bahwa menerapan metode pembelajaran Problem Based  Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Abstract: This research aims to improve the results of the learning of students through the implementation of the model learning Problem Based Learniang (LBL) on the subject of Kemuhammadiyahan in the SMA Muhammadiyah Mataram. This type of research is the study of Sleep Class (PTK), the study was conducted collaboratively between teachers and observations. The research includes four stages namely, planning, implementation, obserfation and reflection. The type of instrument that is used to dull the data in use is the student study results test and the teacher and student observation sheet. The obtained Data is analyzed quantitatively to determine the individual's individuation and the classical dictates. The results of the research on the wave that the method of learning Problem Based Learning (LBL) is able to improve student learning outcomes.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ibtidaiy

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Ruang lingkup Al ibtida: jurnal pendidikan guru MI adalah: Desain kurikulum MI/SD pembelajaran (Math, Science, IPS, Civicus, English, Indonesia, Islamic Education, Art dan Local Content) dalam MI/SD Media dan alat peraga pendidikan dalam belajar di MI/SD strategi pembelajaran dalam MI/SD kompetensi ...