Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia
Vol 2, No 2 (2019): Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia

PENGGUNAAN VISUAL DAN CERITA DALAM PROMOSI SECARA ONLINE UNTUK MEMPERKENALKAN BATIK CIPRATAN SLB NEGERI SEMARANG JAWA TENGAH

Noeratri Andanwerti (Program Studi Desain Interior, Universitas Tarumanagara Jakarta)
Siti Nurannisaa P.B (Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Tarumanagara Jakarta)
Niken Widi Astuti (Program Studi Psikologi, Universitas Tarumanagara Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2020

Abstract

Dalam upaya mengenalkan suatu produk, dibutuhkan wawasan dan pengetahuan mengenai promosi. Konten visual dan cerita merupakan beberapa komponen yang perlu dimiliki dalam proses promosi. Media sosial saat ini telah mencakup semua saluran komunikasi dan alat media yang semakin sering digunakan untuk menghubungkan antar individu yang tersebar. Perkembangan media sosial ke dalam kehidupan sehari-hari telah mempengaruhi cara konsumen berinteraksi dan berperilaku di seluruh dunia. Media sosial bisa menjadi salah satu pilihan media dalam melakukan promosi. SLB Negeri Semarang adalah salah satu sekolah yang memiliki produk ungggulan yaitu Batik Cipratan. Batik tersebut telah dikenal masyarakat karena keunikan dalam teknik produksinya. Promosi produk Batik Cipratan saat ini masih menggunakan cara konvensional. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) melalui tim pengabdian masyarakat mencoba memfasilitasi kebutuhan SLB Negeri Semarang untuk menciptakan perencanaan promosi menggunakan media sosial secara online. Kegiatan ini bertujuan untuk dapat mendukung proses pengenalan dan promosi produk Batik Cipratan. Kegiatan ini menggunakan metode belajar class room training yaitu memberikan pelatihan dalam ruang-ruang kelas sesuai dengan topik yang dibutuhkan. Pelatihan ini memberikan pengetahuan dan wawasan bagi SLB Negeri Semarang untuk dapat mengoptimalkan proses promosi yang telah dilakukan sebelumnya. Untuk kedepan diperlukan langkah pembentukan tim khusus dari pihak sekolah dalam melakukan promosi lebih lanjut. Hasil dari pelatihan ini, para guru diharapkan memiliki pemahaman mengenai pengelolaan media dalam menyusun perencanaan promosi yang akan dilakukan dengan elemen visual dan cerita yang dapat jadi kekuatan dalam mengenalkan produk.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

baktimas

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Electrical & Electronics Engineering Social Sciences Other

Description

Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia (P-ISSN 2620-7710 dan E-ISSN 2621-0398) merupakan jurnal yang menjadi wadah bagi penerbitan artikel-artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang Ilmu : 1. Psikologi 2. Komunikasi 3. Hukum 4. Budaya 5. Bahasa 6. Seni Rupa dan Design Jurnal ilmiah ini diterbitkan oleh ...