Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengatasi masalah pembelajaran di atas, materi masa persiapan kemerdekaan Indonesia ini perlu diupayakan dengan cara memilih strategi atau pendekatan yang sesuai, masalah penelitian adalah Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: â€apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi masa persiapan kemerdekaan Indonesia di kelas V SDN 15 Baruga Kota Kendari. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi masa persiapan kemerdekaan Indonesia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GroupInvestigation (GI) di kelas V SDN 15 Baruga Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan metode PTK yang di lakukan dalam dua siklus Terjadi peningkatan hasil belajar yang dicapai siswa kelas V SD Negeri 15 Baruga Kota Kendari yaitu dari hasil tes evaluasi tindakan siklus I diperoleh bahwa ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal terhadap materi pelajaran sebesar 65% atau sebanyak 13 orang siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 dengan nilai rata-rata 67 kemudian mengalami peningkatan pada hasil tes tindakan siklus II dengan pencapaian hasil belajar siswa secara klasikal terhadap materi sebesar 85% atau sebanyak 17 siswa memperoleh nilai ≥ 65 dengan nilai rata-rata 82,5: aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan persentase siklus I sebesar 66,7% pada pertemuan pertama dan siklus II sebesar 100% pada pertemuan kedua. Hal ini telah mencapai indikator kinerja yang ditentukan dalam penelitian ini minimal persentase aktivitas belajar siswa mencapai 80%. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif dan Group Investigation
Copyrights © 2017