Jurnal Amal Pendidikan
Vol 1, No 1 (2020): Edisi April 2020

Meningkatkan Kerjasama Anak Melalui Kegiatan Mengisi Pola Gambar Menggunakan Teknik Mozaik Secara Berkelompok

Margareta Margareta (Jurusan PG-PAUD, Universitas Halu Oleo)
Aisyah Aisyah (Jurusan PG-PAUD, Universitas Halu Oleo)
Nurhayati Nurhayati (Jurusan PG-PAUD, Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama anak melalui kegiatan mengisi pola gambar menggunakan teknik mozaik secara berkelompok di kelompok B RA Wildaanun Rabbaniyyun Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di kelompok B RA Wildaanun Rabbaniyyun Kendari yang berjumlah 16 orang. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 73,33% atau 11 aspek dari 15 aspek yang diamati, aktivitas belajar anak pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 64,28% atau 9 aspek dari 14 aspek yang diamati sedangkan hasil belajar anak disklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 56,25% atau 9 anak dari 16 anak yang mendapat kategori BSB dan BSH. Siklus II persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 93,33% atau 14 aspek dari 15 aspek yang diamati, dan persentase ketercapaian aktivitas belajar anak siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 85,71% atau 12 aspek dari 14 aspek yang diamati sedangkan  hasil belajar anak disklus II ini juga mengalami peningkatan dengan persentase ketercapaian sebesar 87,5% atau 14 anak dari 16 anak yang mendapat kategori BSB dan BSH. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kerjasama anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan mengisi pola gambar menggunakan teknik mozaik secara berkelompok di Kelompok B RA Wildaanun Rabbaniyyun Kendari

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

japend

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal amal pendidikan adalah hasil pelaksanaan kegiatan penelitian yang sesuai dengan focus dan scope jurnal diantaranya: Manajemen Pendidikan, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, ...