Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 1 No 1 (2016)

UTILIZING VISUAL SYNTACTIC TEXT FORMATING (VSTF) METHODS TO IMPROVE STUDENTS GRAMMATICAL COMPETENCE IN WRITING

Listiyani, Anes (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2016

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilaksanakan di SMKN 3 Madiundidapatkan bahwa kemampuan gramatika dalam menulis siswa kelas X AK tahun ajaran 2013-2014 masih belum memuaskan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari delapan pertemuan. Instrument dalam pengumpulan data adalah ceklis observasi, kuesioner, field note dan tes menulis siswa yang diukur dengan rubrik penskoran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode VSTF berhasil meningkatkan kompetensi gramatika dalam menulis.Hal ini ditunjukkan dari peningkatan persentase prestasi siswa dibandingkan dengan kriteria kesuksesan. Kriterianya adalah lebih dari 80% siswa berpartisipasi atau terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar dan analisa data menunjukkan 75.00%, (di siklus I) dan 81.25% (di siklus II) siswa terlibat secara aktif. Terkait dengan kriteria kedua yaitu jika lebih dari 80% siswa mendapatkan skor lebih dari sama dengan 60, dan hasil penelitian menunjukkan bahwa 71.88% (di siklus I) dan 84.38% (di siklus II) siswa telah mendapatkan skor lebih dari sama dengan 60. Berdasarkan hasil penelitian bisa disimpulkan bahwa metode VSTF efektif untuk meningkatkan kompetensi gramatika dalam menulis dan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar bahasa inggris.Kata Kunci: VSTF, meningkatkan, kompetensi gramatika, menulis.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ed-humanistics

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ed-Humanistics memuat artikel hasil penelitian, kajian pustaka dan gagasan konseptual dalam bidang pendidikan. Jurnal Ed-Humanistics terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan ...