cover
Contact Name
Andri Wahyu Wijayadi
Contact Email
edhumanistics@gmail.com
Phone
+6283117937533
Journal Mail Official
edhumanistics@gmail.com
Editorial Address
Jl. Irian Jaya No.55, Cukir, Kec. Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61471
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan
ISSN : 25022709     EISSN : 2615384X     DOI : https://doi.org/10.33752/ed-humanistics
Core Subject : Education,
Jurnal Ed-Humanistics memuat artikel hasil penelitian, kajian pustaka dan gagasan konseptual dalam bidang pendidikan. Jurnal Ed-Humanistics terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan November.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 109 Documents
ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA SMP DALAMPENGAJUAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARIGAYA KOGNITIF FIELD-INDEPENDENT Komarudin, -
Ed-Humanistics Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1075.314 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v1i1.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa SMP Negeri 1 Sukoharjo yang mempunyai tipe gaya kognitif field-independent (FI) dalam pengajuan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Wallas, yaitu preparation, incubation, illumination, dan verification. Penelitian ini berjenis studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan think aloud method. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses bepikir kreatif pada siswa FI, yaitu (a) preparation, siswa membaca TPM (tugas pengajuan masalah) dalam hati, mengamati petunjuk dan informasi gambar dengan cermat, dan siswa dapat mengetahui hal-hal yang diketahui dengan sekali membaca TPM; (b) incubation, siswa cenderung diam sejenak. Hal ini sebagai awal dalam menyusun masalah matematika; (c) illumination, siswa menentukan atribut dan hal-hal untuk masalah yang akan diajukan, siswa mengungkapkan secara verbal masalah tersebut sambil menundukkan kepala. Setelah itu menuliskan masalah tersebut pada LJK (lembar jawaban kerja) dan jika terjadi kesalahan pada masalah yang diajukan, siswa cenderung langsung memperbaiki masalah tersebut;(d) verification, siswa mengoreksi masalah matematika yang diajukan, menjelaskan prosedur penyelesaian masalah yang diajukan dan menyelesaikan masalah tersebut pada LJK. Siswa mengoreksi kembali masalah dan penyelesaian yang telah dilakukan FI.Kata kunci: berpikir kreatif, pengajuan masalah, gaya kognitif
UTILIZING VISUAL SYNTACTIC TEXT FORMATING (VSTF) METHODS TO IMPROVE STUDENTS GRAMMATICAL COMPETENCE IN WRITING Listiyani, Anes
Ed-Humanistics Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilaksanakan di SMKN 3 Madiundidapatkan bahwa kemampuan gramatika dalam menulis siswa kelas X AK tahun ajaran 2013-2014 masih belum memuaskan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari delapan pertemuan. Instrument dalam pengumpulan data adalah ceklis observasi, kuesioner, field note dan tes menulis siswa yang diukur dengan rubrik penskoran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode VSTF berhasil meningkatkan kompetensi gramatika dalam menulis.Hal ini ditunjukkan dari peningkatan persentase prestasi siswa dibandingkan dengan kriteria kesuksesan. Kriterianya adalah lebih dari 80% siswa berpartisipasi atau terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar dan analisa data menunjukkan 75.00%, (di siklus I) dan 81.25% (di siklus II) siswa terlibat secara aktif. Terkait dengan kriteria kedua yaitu jika lebih dari 80% siswa mendapatkan skor lebih dari sama dengan 60, dan hasil penelitian menunjukkan bahwa 71.88% (di siklus I) dan 84.38% (di siklus II) siswa telah mendapatkan skor lebih dari sama dengan 60. Berdasarkan hasil penelitian bisa disimpulkan bahwa metode VSTF efektif untuk meningkatkan kompetensi gramatika dalam menulis dan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar bahasa inggris.Kata Kunci: VSTF, meningkatkan, kompetensi gramatika, menulis.
MULTIKULTURAL DALAM NOVEL RELIGI SASTRA INDONESIA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER Supratno, Haris
Ed-Humanistics Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang multikultural, yang terdiri atas berbagai suku bangsa, ras, tradisi, agama, dan budaya yang berbeda-beda. Namun, perbedaan tersebut merupakan bentuk keanekaragaman yang saling melengkapai, sehingga memperkaya khasanah kebudayaan Indonesia. Meskipun bangsa Indonesia merupakan bagsa yang multikultural, tetapi bisa hidup saling berdampingan, saling menghormati, saling mengahargai, dan saling toleransi, sehingga masyarakat dapat hidup damai dan berhagagia tanpa memandang adanya perbedaan suku bangsa, ras, tradisi, dan agama.Dalam novel Ayat-Ayat Cinta dan Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy banyak mengkonstruksikan multikultural dalam perspektif Islam, artinya dalam novel tersebut banyak digambarkan aktivitas, perilaku, dan tutur bahasa yang mencerminkan multikultural para tokohnya. Meskipun mereka berbeda bangsa, ras, budaya, dan agama, namun bisa hidup saling berdampingan, saling menGhormati, saling toleran, dan saling menolong satu sama lain bagi yang membutuhkan pertolongan tanpa memandang, suku bangsa, ras, budaya, dan agama. Mereka menolong demi menjalankan perintah Allah SWT.Kata Kunci: Multikultural, perspektif, dan Islam.
PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF MONOLITA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP Pradipta, Daddy Arief; Vitantri, Ciptianingsari Ayu; Umah, Ulumul
Ed-Humanistics Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENINGKATAN KESADARAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MELALUI PENERAPAN DIAGRAM ROUNDHOUSE DIPADU MODELPEMBELAJARAN CIRC Hayati, Nur
Ed-Humanistics Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peningkatan kesadaran metakognitif dan hasil belajar siswa dapat dilakukandengan menerapkan Diagram Roundhousedipadu model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Kepanjen Malang semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Instrumen penelitian meliputi lembar inventori kesadaran metakognitif, lembar penilaian hasil belajar kognitif, lembar keterlaksanaan sintaks pembelajaran, dan lembar catatan lapangan. Analisis data dilakukan secara kualitatif kuantitatif dengan membandingkan rata-rata skor kesadaran metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata skor kesadaran metakognitif siswa dari siklus I sebesar 51,63 menjadi 60,00 pada siklus II dan hasil belajar kognitif siswa meningkat dari siklus I sebesar 70,29 menjadi 73,38 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan Diagram Roundhousedipadu model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kesadaran metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa.Kata Kunci: Diagram Roundhouse, hasil belajar, kesadaran metakognitif, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition
PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA SD Nuruddin, Muhammad
Ed-Humanistics Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar, dan kendala-kendala yang muncul serta cara mengatasinya dalam pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas kolaboratif bersiklus dengan berpendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur dalam penelitian tindakan ini bersifat daur ulang atau siklus yang terdiri atas dua siklus.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa cara, yaitu 1) pengamatan, 2) tes, 3) catatan lapangan.Hasil penelitian membuktikan bahwa 1) keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan hasil yang maksimal, 2) hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis puisi mencapai batas minimal KKM yang ada di sekolah tersebut dengan ketuntasan klasikal 96%, 3) kendala-kendala yang dihadapi berpusat pada teknis pengelolaan pembelajaran, cara mengatasinya dengan meninjau kembali teknis pengelolaan pembelajaran dan membuat solusi kemudian diterapkan pada pembelajaran selanjutnya.Dari kegiatan yang dilaksanakan, terbukti bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah ini dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN Kedunggede I Dlanggu Mojokerto. Oleh karena itu, pemanfaatan lingkungan sekitar sebaiknya dioptimalkan untuk pembelajaran, terutama pembelajaran menulis puisi.Kata Kunci: Pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah, kemampuan menulis puisi.
KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI RUANG BERDASARKAN KECERDASAN SPASIAL DAN KECERDASAN LOGIKA Faizah, Siti
Ed-Humanistics Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1077.438 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v1i1.18

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang penting, sehingga matematika diajarkan pada tingkat SD sampai perguruan tinggi. Salah satu materi yang diajarkan pada siswa sejak SD adalah tentang geometri, kemudian pada tigkat SMP materi tersebut dikembangkan menjadi geometri ruang. Dalam mempelajari geometri ruang tidak terlepas dari kemampuan spasial karena kemampuan spasial merupakan kemampuan untuk menghasilkan, menyimpan, mengambil dan mengubah gambar tiga dimensi yang terstruktur dengan baik. Sehingga kemampuan spasial siswa SMP dalam memecahkan masalah geometri ruang yakni siswa mampu berusaha mengembangkan kemampuan penginderaan spasialnya yang sangat berguna dalam memahami relasi dan sifat-sifat dalam geometri untuk memecahkan masalah matematika dan masalah dalam kehidupan sehari-hari serta dapat menumbuhkan kemampuan berfikir logis, mengembangkan kemampuan memecahkan masalah dan pemberian alasan.Kata Kunci: Kemampuan spasial, geometri ruang, kecerdasan spasial dan kecerdasan logika
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS VIII-2 MTSN MODEL KUOK KOTA BANGKINANG Diastuti, Indah Mei
Ed-Humanistics Vol 1 No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC TEST MISKONSEPSI SUHU DAN KALOR Abbas, Muhammad Luqman Hakim
Ed-Humanistics Vol 1 No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PERBAIKAN KUALITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN LINGKUNGAN MELALUI METODE PRESENTASI DAN DISKUSI KELAS Berlianti, Nindha Ayu
Ed-Humanistics Vol 1 No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Page 1 of 11 | Total Record : 109