Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 4 No 2 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 2 Tahun 2019

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA BIOLOGI UMUM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR MAHASISWA

Hefi Rusnita Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan keefektifan  model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir mahasiswa pada biologi.umum. Inkuiri terbimbing (guided inquiry) merupakan model pembelajaran yang membantu mahasiswa untuk belajar, memperoleh pengetahuan dengan cara menemukan sendiri.. Pendidik lebih banyak menggunakan metode ceramah dengan alasan lebih menghemat waktu dan semua materi dapat diberikan. Tatap muka untuk kegiatan praktikum juga sangat minim biasanya dilakukan hanya 1 kali dalam satu semester. Selebihnya pembelajaran dilakukan dengan ceramah, padahal banyak materi dalam biologi yang membutuhkan kegiatan eksperimen dan pengamatan. Metode seperti ini kurang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan berpikirnya. Kecakapan akademik mahasiswa tidak akan berkembang dalam diri mahasiswa ketika proses pembelajarannya tidak mengakomodasi terjadinya kegiatan ilmiah melalui kegiatan eksperimen sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikirnya.Harapan peneliti, bahwa dengan  model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan salah satu cara efektif untuk membantu mahasiswa meningkatkan kemampuan berpikir. Desain ujicoba menggunakan rancangan pre-test and post-test group. Pre test untuk mengetahui keadaan awal subyek sebelum diberi perlakuan dan post tes dilakukan di akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir mahasiswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada Biologi umum, dengan perolehan hasil posttest kemampuan berpikir level relasional dari 0 % meningkat menjadi 47% dan level Abstrak diperluas dari 0 % meningkat menjadi 33 %. Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa Model pembelajaran Inkuiri terbimbing pada Biologi Umum efektif   terhadap   peningkatan kemampuan berpikir mahasiswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ed-humanistics

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ed-Humanistics memuat artikel hasil penelitian, kajian pustaka dan gagasan konseptual dalam bidang pendidikan. Jurnal Ed-Humanistics terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan ...