Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 3 No 2 (2018)

KEBUTUHAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING THAILAND

Elva Riezky Maharany (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2018

Abstract

Peningkatan kedudukan Bahasa Indonesia terwujud dengan adanya pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Salah satu pembelajaran yang memiliki karakteristik khusus adalah pembelajaran BIPA Thailand. Berdasarkan kekhususan tersebut maka diperlukan penelitian tentang kebutuhan apa saja yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Berdasarkan temuan dapat disimpulkan terdapat 2 pokok temuan yaitu (1) kebutuhan bahasa pengajaran BIPA Thailand dan (2) kebutuhan budaya pengajaran BIPA Thailand. Kebutuhan bahasa pengajaran BIPA terdiri atas kebutuhan materi yang dikelompokkan berdasarkan topik, jenis teks, serta tata bahasa.Terdapat 10 topik, 6 jenis teks, serta 21 materi tata bahasa. Lain halnya dengan kebutuhan budaya pengajaran BIPA yang mengelompokkan aspek kebudayaan menjadi dua yaitu topik dan aspek kebudayaan. Berdasarkan temuan topik yang diperluakan terdiri atas 10 topik sedangkan aspek kebudayaan terdapat 11 aspek yang perlu diajarkan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ed-humanistics

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ed-Humanistics memuat artikel hasil penelitian, kajian pustaka dan gagasan konseptual dalam bidang pendidikan. Jurnal Ed-Humanistics terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan ...