JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS EQUILIBRIUM
Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium

Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasan Pengguna Kartu Indosat Ooredoo Pada PT. Indosat Ooredoo Gianyar

Dewa Ketut Mahardika (Universitas Ngurah Rai)
I Gst Bgs Wirya Gupta (Universitas Ngurah Rai)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan customer service terhadap kepuasan pengguna kartu Indosat Ooredoo pada PT. Indosat Ooredoo Gianyar. Penelitian ini dilakukan di PT. Indosat Ooredoo Gianyar. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 99 orang, dengan metode random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Regresi linier sederhana, analisis determinasi, dan uji t-test merupakan teknik analisis yang dipergunakan. Dari analisis yang dilakukan, didapat hasil antara lain: dari hasil regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y =2,973+0,063X ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan sebesar = 0, maka kepuasan pengguna kartu Indosat Ooredoo pada PT. Indosat Ooredoo Gianyar sebesar 2,973 satuan. Dari regresi linier sederhana tersebut juga dapat dilihat bahwa koefisien sebesar 0,063. Dari hasil analisis determinasi sebesar 18,7%, yang artinya bahwa kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 18,7% terhadap kepuasan pengguna kartu Indosat Ooredoo pada PT. Indosat Ooredoo Gianyar, dan sisanya sebesar 81,3% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Dari hasil uji t (t test), menunjukkan t hitung (4,718) > dari t tabel (1,661) yang artinya Ho ditolak dan hipotesis terbukti signifikan. Untuk meningkatkan kepuasan konsumen hendaknya PT. Indosat Ooredoo Gianyar meningkatkan aspek-aspek kualitas pelayanan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Equilibrium

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium (MBE) adalah jurnal ilmiah elektronik yang menerbitkan hasil studi manajemen dan bisnis. MBE diterbitkan secara berkala setiap 6 bulan sekali dengan format online. Editor MBE menerima hasil studi tertulis di bidang ekonomi, manajemen, bisnis dan kewirausahaan, ...