cover
Contact Name
Ni Putu Yuliana Ria Sawitri
Contact Email
equilibrium.feb@unr.ac.id
Phone
+62895801000213
Journal Mail Official
equilibrium.feb@unr.ac.id
Editorial Address
Jalan Kampus Ngurah Rai No. 30, Desa penatih, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS EQUILIBRIUM
Published by Universitas Ngurah Rai
ISSN : 24433934     EISSN : 27231704     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium (MBE) adalah jurnal ilmiah elektronik yang menerbitkan hasil studi manajemen dan bisnis. MBE diterbitkan secara berkala setiap 6 bulan sekali dengan format online. Editor MBE menerima hasil studi tertulis di bidang ekonomi, manajemen, bisnis dan kewirausahaan, baik studi empiris dan teoritis yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dan belum pernah dan tidak akan dipublikasikan di media lain. Naskah yang masuk akan dievaluasi dan diedit untuk keseragaman format, istilah, dan prosedur lainnya sesuai dengan gaya lingkungan yang berlaku untuk Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium (MBE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ngurah Rai Denpasar. Selanjutnya naskah akan di lakukan review dan analisis kelayakan oleh Dewan Mitra Bestari yang terdiri dari 6 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, dan terdiri dari 1 orang Professor dan 9 orang Dosen bergelar Doktor dan telah memiliki Scopus ID. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium (MBE) diterbitkan dan dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ngurah Rai Denpasar.
Articles 290 Documents
Pengaruh Sikap dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bali Zoo Gianyar Kabupaten Gianyar I Dewa Putu Pertama Yasa; Nyoman Dwika Ayu Amrita
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.261 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v4i1.296

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah agar dapat melihat dampak kedua variabel bebas terhadap kinerja karyawan pada Bali Zoo Gianyar di Kabupaten Gianyar tahun 2016. Penelitian ini dilakukan di Bali Zoo Gianyar Kabupaten Gianyar tahun 2016. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 68 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Regresi linier berganda merupakan teknik analisis yang dipergunakan. Dari hasil analisis yang sudah dilakukan, didapat hasil bahwa kedua variabel berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja karyawan pada Bali Zoo Gianyar di Kabupaten Gianyar tahun 2016. Kinerja karyawan pada Bali Zoo Gianyar di Kabupaten Gianyar tahun 2016 dipengaruhi oleh kedua variabel bebas tersebut sebesar 77,9 persen, sisanya 22,1 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model. Untuk meningkatkan kinerja karyawan pada Bali Zoo Gianyar, karyawan dalam melayani pengunjung untuk selalu memberikan salam dan kepada atasan untuk lebih sering memberikan arahan kepada karyawan dalam melayani pengunjung. Kepada pihak manajemen hendaknya betul-betul menjamin keselamatan kerja karyawan dalam melakukan pekerjaan, Hubungan pegawai dengan pimpinan di tempat kerja agar lebih dipererat. Hendaknya kepada karyawan yang berprestasi diberikan semacam (reward) atau bonus secara finansial maupun yang lainnya, sehingga mereka ikut memiliki loyalitas kepada perusahaan.
Pengaruh Kualitas Produk, Merk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy Pada Pt. Astra Internasional Honda Sales Operations Tbk. Honda Cabang Denpasar Dewa Ayu Putri Krisna Dewi; I Gusti Gede Purwa Sudarta
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (717.749 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v4i1.297

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, merk, dan harga secara parsial dan pengaruh kualitas produk, merk, dan harga secara simultan di PT. Astra Internasional Honda Sales Operations Tbk Honda Cabang Denpasar dengan 99 responden dalam penelitian ini. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Berdasarkan analisis, maka diperoleh kesimpulan bahwa 1) Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 4,734 + 0,223 X1 + 0,262 X2 + 0,347 X3. Ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk, merk, dan harga terhadap keputusan pembelian. 2) Berdasarkan hasil T-test diperoleh bahwa harga mempunyai pengaruh yang lebih kuat dibandingkan dengan kualitas produk dan merk, ditunjukkan oleh nilai t-hitung terbesar dibandingkan variabel lainnya yaitu sebesar, 2,916 dengan signifikan 0,004. 3) Dari hasil analisis F-test diperoleh bahwa sig. F adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05 ini berarti bahwa kualitas produk, merk, dan harga terhadap keputusan pembelian secara simultan berpengaruh signifikan.
Pengaruh Kompensasi Finansial Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Bagian Marketing Pada PT. FIF Group Cabang Klungkung Di Kabupaten Klungkung Ida Ayu Gede Sri Puji Astuti; Ida Ayu Arini
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.733 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v4i1.298

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi finansial terhadap kepuasan kerja karyawan bagian marketing pada PT. FIF Group Cabang Klungkung. Penelitian ini dilakukan pada PT. FIF Group Cabang Klungkung. Sampel yang digunakan sebanyak 40 orang responden, metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan regresi linear sederhana, analisis determinasi dan analisis statistik uji t (t-test). Hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan adalah Y = 3,756 + 0,855 X. Apabila kompensasi finansial besarnya sama dengan nol satuan, maka kepuasan kerja karyawan sebesar 3,756 satuan. Dan apabila kompensasi finansial ditingkatkan sebesar satu satuan, maka kepuasan kerja karyawan akan mengalami peningkatan sebesar 0,855 satuan. Selanjutnya berdasarkan analisis determinasi diperoleh D = 91,58%. Hal ini berarti bahwa kontribusi atau sumbangan kompensasi finansial terhadap kepuasan kerja karyawan adalah sebesar 91,58%, sedangkan sisanya lagi 8,42% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dibahas. Berdasarkan hasil analisis statistik uji t (t-test) diperoleh bahwa nilai t-hitung sebesar 17,415 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,686, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa kompensasi finansial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. FIF Group Cabang Klungkung.
Pengaruh Komunikasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bintang Bali Indah di Denpasar Kadek Udiani; Desak Gde Sayang Adnyani
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.824 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v4i1.300

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi dan disiplin kerja secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bintang Bali Indah Denpasar. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian dengan kuesioner terhadap 81 orang responden, untuk selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, determinasi, t-test (uji-t) dan F-test. Dari hasil analisis yang sudah dilakukan, didapatkan hasil bahwa komunikasi dan disiplin kerja secara parsial dan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bintang Bali Indah Denpasar. Kinerja karyawan pada PT. Bintang Bali Indah Denpasar dipengaruhi oleh komunikasi dan disiplin kerja sebesar 65,9% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Komunikasi merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan PT. Bintang Bali Indah Denpasar, karena mempunyai standarzed cofficients beta yang lebih besar jika dibandingkan dengan variabel disiplin.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasan Pengguna Kartu Indosat Ooredoo Pada PT. Indosat Ooredoo Gianyar Dewa Ketut Mahardika; I Gst Bgs Wirya Gupta
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.95 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v4i1.301

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan customer service terhadap kepuasan pengguna kartu Indosat Ooredoo pada PT. Indosat Ooredoo Gianyar. Penelitian ini dilakukan di PT. Indosat Ooredoo Gianyar. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 99 orang, dengan metode random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Regresi linier sederhana, analisis determinasi, dan uji t-test merupakan teknik analisis yang dipergunakan. Dari analisis yang dilakukan, didapat hasil antara lain: dari hasil regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y =2,973+0,063X ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan sebesar = 0, maka kepuasan pengguna kartu Indosat Ooredoo pada PT. Indosat Ooredoo Gianyar sebesar 2,973 satuan. Dari regresi linier sederhana tersebut juga dapat dilihat bahwa koefisien sebesar 0,063. Dari hasil analisis determinasi sebesar 18,7%, yang artinya bahwa kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 18,7% terhadap kepuasan pengguna kartu Indosat Ooredoo pada PT. Indosat Ooredoo Gianyar, dan sisanya sebesar 81,3% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Dari hasil uji t (t test), menunjukkan t hitung (4,718) > dari t tabel (1,661) yang artinya Ho ditolak dan hipotesis terbukti signifikan. Untuk meningkatkan kepuasan konsumen hendaknya PT. Indosat Ooredoo Gianyar meningkatkan aspek-aspek kualitas pelayanan.
Analisis Ratio Likuiditas, Solvabilitas, Rentabilitas, dan Manajemen Pada PT. BPR Puskusa Balidwipa Kecamatan Blahbatuh Gianyar Ni Luh Putu Juliana Sari; Ni Nyoman Sudiyani
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.481 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v4i1.303

Abstract

Bank mempunyai peranan yang sangat amat penting di dalam menggerakkan roda perekonomian suatu negara. Hal ini sesuai dengan definsi Bank menurut Undang – undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Atas UU nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan sebagai badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan bentuk – bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Laporan keuangan terdiri dari neraca, laporan rugi/laba, dan laporan keuangan lainnya. Dengan melakukan analisis terhadap neraca, akan diketahui gambaran tentang posisi keuangan, nantinya dapat dijadikan landasan untuk mengambil suatu keputusan oleh pihak manajemen. Maka dilakukan penelitian dengan judul “ Analisis Ratio likuiditas ,solvabilitas, rentabilitas, dan manajemen. PT BPR Puskusa Bali Dwipa Blahbatuh Gianyar. Untuk Rasio keseluruhan berdasarkan SK Menteri Keuangan RI No.826/KMK.013/1992 dilihat dari kinerja keuangan tahun 2013 dikatagorikan Sehat sekali Tahun 2014 dikatagorikan tidak sehat dan Tahun 2015 kinerja Keuangan PT BPR Puskusa Bali Dwipa dikatagorikan tidak sehat. Dan dari analisis Manajemen pada BPR Puskusa Bali Dwipa yaitu termasuk berpredikat sehat.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BRI Syariah KC Denpasar Ibrahim Adam; I Made Sumartana
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.613 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v4i1.305

Abstract

Tujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di Bank BRI Syariah KC Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis diskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan obyek-obyek yang berhubungan untuk pengambilan keputusan yang bersifat umum, dengan obyek penelitiannya adalah Bank BRI Syariah KC Denpasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 98 responden. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana yang terdiri dari uji determinasi dan uji t dengan bantuan program SPSS versi 20.Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil analisis regresi sederhana yaitu Y = 11,400 + 0,771X . Adapun pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah tinggi, terlihat dari nilai R square sebesar 0,521 (52,1%) dan sisanya 47,9% disumbangkan faktor lain yang tidak diteliti. Dan nilai t-hitung di peroleh sebesar 10,218 sedangkan nilai t-tabel sebesar 1,985 , ini berarti t-hitung lebih besar dari pada nilai t-tabel , hal ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha terima. Sehingga hipotesis yang diterima adalah adanya pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada Bank BRI Syariah KC Denpasar.
Penerapan Sistem Akuntansi Penggajian dan Pengupahan Pada PT. Indopercussion di Gianyar Ni Kadek Nopayanti; Luh Putu Virra Indah Perdanawati
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.67 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v4i1.306

Abstract

ABSTRAK Penggajian dan pengupahan merupakan suatu alat yang dapat memotivasi karyawan untuk dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik dalam suatu perusahaan. Disamping itu penggajian dan pengupahan juga merupakan pengeluaran yang cukup besar bagi perusahaan. Agar penggajian dan pengupahan pada karyawan benar-benar mencerminkan keadilan dan bebas dari kecurangan-kecurangan, perlu disusun suatu sistem akuntansi yang memadai dalam perusahaan mengenai penggajian dan pengupahan. Untuk memperlancar jalannya operasional, PT. Indopercussion memerlukan penanganan penggajian dan penggupahan bagi karyawan bersangkutan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, dokumentasi. Untuk memecahkan permasalahan tersebut digunakan alat analisis kualitatif deskritif yaitu dengan cara membandingkan antara sistem akuntansi penggajian dan pengupahan sesuai dengan teori yang ada. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem akuntansi penggajian dan pengupahan pada PT. Indopercussion belum memadai, diantaranya surat pernyataan gaji dan upah tidak menguraikan dengan jelas tunjangan-tunjangan dan potongan-potongan yang diberikan kepada karyawan, adanya perangkapan tugas yang dapat mengakibatkan tugas-tugas yang dibebankan perusahaan bertumpuk pada satu bagian dan memungkinkan terjadi kecurangan yang dilakukan karyawan, unsur-unsur pengendalian intern yang terkait dalam sistem akuntansi penggajian dan pengupahan belum memadai karena fungsi pembuatan daftar gaji dan upah dan fungsi pembayaran gaji dan upah berada dalam satu bagian personalia, bagan alir dokumen sistem akuntansi penggajian dan pengupahan pada PT. Indopercussion belum memadai karena adanya perangkapan tugas.
Pengaruh Stres Kerjad Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan Pada Puri Saron Madangan Hotel di Kabupaten Gianyar I Luh Mariani; I Made Kartika
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.712 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v4i1.307

Abstract

Tujuan penelitian adalah : untuk mengetahui pengaruh stress kerja dan lingkungan kerja fisik secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan pa Puri Saron Madangan Hotel di Kabupaten Gianyar. Responden dalam hal ini sebanyak 35 orang. Responden dalam hal ini adalah karyawan pada Puri Saron Madangan Hotel di Kabupaten Gianyar. Data yang dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan Study dukumentasi: Regresi Linear berganda, determinasi, dan analisis statistik, uji t (t-test) dan analisis statistic uji F (F-test) merupakan teknik analisis yang dipergunakan . berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil stress kerja dan lingkungan kerja fisiksecara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Stress kerja dan lingkungan kerja fisik secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Koefisien determinasi menunjukkan kontribusi/sumbangan stress kerja dan lingkungan kerja fisik terhadap kinerja adalah 87,40%sedangkan sisanya 12,60% dipengaruhi factor lain yang tidak dibahas.
Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Desain Terhadap Pembelian Sepeda Motor Yamaha N-Max Pada CV. Waja Motor Cabang Ubud Gianyar Pande Luh Gede Vera Purnama Dewi; I Made Santosa
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (745.077 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v4i1.308

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, promosi, dan desain secara parsial dan pengaruh kualitas produk, promosi, dan desain secara simultan di CV. Waja Motor Cabang Ubud Gianyar dengan 95 responden dalam penelitian ini. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Berdasarkan analisis, maka diperoleh kesimpulan bahwa 1) Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y =5,519 + 0,359X1, 0,338X2, 0,300X3. Ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk, promosi, dan desain terhadap keputusan pembelian. 2) Dari hasil analisi determinasi (R2) sebesar 25,7% berarti kualitas produk, promosi, dan desain berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 25,7%. 3) Berdasarkan hasil T-test diperoleh bahwa promosi mempunyai pengaruh yang lebih kuat dibandingkan dengan kualitas produk dan desain, ditunjukkan oleh nilai t-hitung terbesar dibandingkan variabel lainnya yaitu sebesar, 3,475 dengan signifikan 0,001. 4) Dari hasil analisis F-test diperoleh bahwa sig. F adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05 ini berarti bahwa kualitas produk, promosi, dan desain terhadap keputusan pembelian secara simultan berpengaruh signifikan.

Page 1 of 29 | Total Record : 290