Belantika Pendidikan
Vol 1, No 1 (2018)

KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD DAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD YANG MEMILIKI GAYA BELAJAR BERBEDA

Basori, Akhmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2019

Abstract

Perkembangan pembelajaran matematika pada jenjang Sekolah Dasar dewasa ini masih memprihatinkan. Sebagai upaya untuk pemecahan masalah tersebut di atas, maka dilakukan penelitian terkait, yaitu tentang keefektifan dua strategi pembelajaran kooperatif model STAD dengan model Jigsaw terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD. Ini adalah penelitian eksprimen semu (quasi-expriment) dengan rancangan faktorial 2 x 2 dan menetapkan dua kelompok subjek yang diteliti setelah memenuhi kriteria homogenitas. Hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar perkalian bilangan pecahan yang signifikan (p 0,05) antara kelompok siswa dengan kooperatif model STAD dan kelompok siswa dengan  kooperatif model Jigsaw.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Research topics of interest include, but are not limited to: Educational Technology Educational Management Gudance and Counseling Non Formal Education Indonesian Language Education English Language Education Biology Education Mathematics Education Chemistry Education Geography Education Vocational ...