Jurnal Arsitektur
Vol 10, No 1 (2020): Januari

Studi Evaluasi Pasca Huni Ditinjau dari Aspek Fungsional pada Bangunan Asrama Mahasiswa Putra (TB2) Institut Teknologi Sumatera (ITERA)

Kustiani Kustiani (Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Bandar Lampung)
Ai Siti Munawaroh (Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Bandar Lampung)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Keberadaan asrama bagi mahasiswa dalam suatu universitas merupakan salah satu sarana yang sangat pentingdifasilitasi oleh pihak universitas. Mahasiswa diberikan kemudahan untuk menunjang proses pembelajaran denganadanya sarana tempat tinggal yang sangat dekat dengan kegiatan perkuliahan dan tentunya tidak memerlukan biayaakomodasi yang tinggi ketika menggunakan sarana asrama universitas ini. Asrama Mahasiswa Institut TeknologiSumatera (ITERA) merupakan salah satu asrama percontohan yang baru berdiri sekitar 3 tahun lamanya. Sampaisejauh ini belum ada evaluasi mengenai dampak fisik dan psikis yang terjadi di asrama ini. Penelitian ini bertujuanuntuk mengevaluasi bangunan berdasarkan studi evaluasi pasca huni, ditinjau dari aspek fungsional. Metode yangdipakai dalam penelitian ini berupa metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh dengan cara penyebaran kuesionerkepada 116 orang mahasiswa yang ada di asrama tersebut. Data penunjang diperoleh melalui wawancara dengan pihak manajemen dan beberapa penghuni asrama. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini adalah peneliti dapatmengevaluasi bangunan asrama putra berdasarkan aspek fungsional guna meningkatkan kualitas sarana danprasarana yang ada.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Environmental Science

Description

arsitektur dan lingkungan binaan, serta bidang ilmu lain yang sangat erat kaitannya seperti perencanaan kota dan daerah, desain interior, perancangan lansekap, dan ...