Jurnal Tarbiyah Al-Awlad
Vol 9, No 1 (2019)

IMPLIKASI FASE PEMEROLEHAN BAHASA SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP PROSES PENGAJARAN BAHASA INDONESIA

Debi Febrianto (Universitas Islam Negei Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Tulisan ini membahas tentang fase-fase pemerolehan bahasa yang dialami oleh siswa tingkat dasar MI/SD. Dengan berdasarkan tingkat usianya, dan bagaimana fase tersebut memberikan kontribusi agar dapat membantu guru dalam menganalisis kesulitan belajar, seperti kesalahan penggunaan bahasa. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia para guru dianjurkan untuk mempertimbang aspek perkembangan sesuai fase perkembangan bahasa anak. Selain itu, dituntut juga mampu menganalisis materi pembelajaran bahasa Indonesia seperti aspek psikologis, aspek perkembangan, dan aspek sosial. Bahkan diperlukan juga mempertimbangkan aspek keragaman dan kemampuan yang dimiliki siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

alawlad

Publisher

Subject

Education

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember mulai tahun 2009, setiap volume ada 2 edisi. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan pemikiran orisinil dibidang pendidikan khusus pendidikan dasar atau madrasah ...