Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Group Investigation terhadap hasil belajar serta mendeskripsikan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model Group Investigation. Penelitian ini menggunakan quasy experimental design dengan tipe posttest only control design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 2 dari 7 kelas VIII yang ada di sekolah atas rekomendasi guru IPA. Instrumen pada penelitian ini berupa instrumen tes kognitif dengan bentuk soal pilihan ganda dan soal uraian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas kontrol 70 dan kelas eksperimen sebesar 78. Sedangkan perolehan dari analisis posttest melalui uji t kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0.05 yaitu 0.000. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model Group Investigation berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII dan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Katakunci: Group Investigation, Hasil Belajar, Kelas VIII
Copyrights © 2019