Jurnal Pembelajaran Sains
Vol 1, No 2 (2017)

PENGARUH REPRESENTASI MIKROSKOPIK DINAMIK DAN STATIK MELALUI STRATEGI REACT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI ELEKTROKIMIA

Ferry Budi Prasetya (Universitas Wiraraja)
Subandi Subandi (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang)
Munzil Munzil (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Penelitianini menggunakan rancangan posttest only non-equivalent control group design. Penggunaan rancangan ini dimaksudkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitifdan motivasi belajar antara mahasiswa yangdibelajarkan dengan strategi REACT-Mikroskopik Dinamik (REACT-MD) dan strategi REACT-Mikroskopik Statik (REACT-MS) pada materi elektrokimia.Kelas REACT-MD dan kelasREACT-MS merupakan 2 kelas homogen dari 6 kelas di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang.Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kognitif dan angket SMTSL. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar kognitif, namun tidak terdapat perbedaan motivasi belajar antara kelas REACT-MD dan kelas REACT-MS.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpsi

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Pembelajaran Sains (Print ISSN: 2355-7044; Online ISSN: 2527-9157) provides a place for teachers, academics, lecturers, and students to share and discuss the results of their research in the field of science education. JPS publishes academic articles that focus on teaching and learning ...