Implementasi Class Got Talent berbantuan minibook memfasilitasi siswa terlibat secara interaktif dalam pembelajaran IPA sehingga dapat mengembangkan keterampilan proses abad 21 siswa menjadi lebih baik. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis implementasi class got talent berbantuan minibook dapat meningkatkan ketrampilan proses abad 21 siswa kelas VII H UPT SMP Negeri 4 Lumajang. Jenis penelitian ini adalah Classroom action reseach. Hasil pada siklus I, penilaian keterampilan proses abad 21 keterampilan berkomunikasi sebesar 72%, keterampilan berpikir kritis memecahkan masalah sebesar 66%, keterampilan berkolaborasi sebesar 83%, keterampilan kreativitas dan inovasi sebesar 73%, keterampilan berliterasi berproduk minibook sebesar 78%. pada siklus II, penilaian keterampilan proses abad 21 keterampilan berkomunikasi sebesar 79%, keterampilan berpikir kritis memecahkan masalah sebesar 73%, keterampilan berkolaborasi sebesar 80%, keterampilan kreativitas dan inovasi sebesar 77%, keterampilan berliterasi berproduk minibook sebesar 83%. Secara garis besar terdapat rata-rata peningkatan keterampilan proses abad 21 sebesar 79%. Hal ini berarti terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 0,04%. Keterampilan paling rendah adalah keterampilan berpikir kritis, sedangkan paling tinggi adalah keterampilan berliterasi, namun untuk ketrampilan berkolaborasi menurun hal ini disebabkan karena penyesuaian dengan group baru.
Copyrights © 2018