Observasi pendahuluan yang diindikasikan adanya masalah dalam pembelajaran di kelas seperti rendahnya keterampilan generik sains dan hasil belajar IPA (Fisika) siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan generik sains dan hasil belajar IPA (Fisika) dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus Hopkins yang terdiri dari dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX-C SMP Negeri 1 Beji Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitin ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang didasarkan dari hasil tes dan observasi. Hasil analisis data menunjukkan keterampilan generik sains pada siklus II lebih baik dari pada siklus I, dari 64,24% meningkat menjadi 78,13%. Demikian juga dengan ketuntasan hasil belajar IPA (Fisika) menunjukkan adanya peningkatan, dari 66,66% menjadi 85,70%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E disertai metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan generik sains dan hasil belajar IPA (Fisika) siswa kelas IX-C SMP Negeri 1 Beji.
Copyrights © 2018