Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol. 1 No. 2 (2011): Oktober

Ekonomi Politik Lembaga Komunikasi

Arianto Arianto (Universitas Tadulako Palu)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2011

Abstract

Lembaga media komunikasi dinilai sebagai bagiandari sistem ekonomi yang juga bertalian erat dengansistem politik. Kualitas pengetahuan tentangmasyarakat, yang diproduksi oleh media untukmasyarakat, sebagian besar dapat ditentukan oleh nilaitukar pelbagai ragam isi dalam kondisi yang memaksakanperluasan pasar, dan juga ditentukan oleh kepentinganekonomi para pemilik dan penentu kebijakan.Berbagai kepentingan tersebut berkaitan dengankebutuhan untuk memperoleh keuntungan dari hasil kerjalembaga media dan juga dengan keinginan bidang usahalainnya untuk memperoleh keuntungan, sebagai akibatdari adanya kecenderungan monopolistis dan prosesintegrasi, secara vertikal maupun horizontal. Ekonomipolitik mencakup komodifikasi, spasialisasi(spatialization) dan strukturasi (structuration).Ekonomi politik berkaitan dengan kajian budaya dankajian kebijakan. Kajian ekonomi politik adalah salahsatu pintu masuk untuk mempelajari media komunikasi,dimana dipelajari diantara totalitas masyarakat secaraluas.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (Print ISSN: 2088-981X; Online ISSN: 2723-2557) adalah jurnal Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM). Jurnal Ilmu Komunikasi diharapkan ...